Pengaruh implementasi pendidikan agama Islam terhadap karakter peserta didik di SMAN 11 Kota Yogyakarta

Saputra, Rio (2024) Pengaruh implementasi pendidikan agama Islam terhadap karakter peserta didik di SMAN 11 Kota Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1811031250_JUDUL__240309032504.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1811031250_BAB_I__240309032504.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1811031250_BAB_II__240309032504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1811031250_BAB_III__240309032504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1811031250_BAB_IV__240309032504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1811031250_BAB_V__240309032504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1811031250_DAFTAR_PUSTAKA__240309032504.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1811031250_LAMPIRAN__240309032504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Agama ini adalah dasar dari pembelajaran ilmiah lainnya, yang akan mengarah pada pembentukan karakter anak-anak dengan kepribadian, agama dan pengetahuan yang tinggi. Salah satu cara nya yaitu dengan menerapkan kegiatan pendidikan agama islam dilingkungan sekolah.menurut ibu Agustin Susilowati M,Pd selaku Wakil kepala bagian Kesiswaan di SMA 11 Yogyakarta, mengungkapkan bahwa Pendidikan Agama Islam yang diterapkan baik di dalam kelas ataupun kegiatan Pendidikan Agama Islam diluar kelas bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik. Namun dari proses pelakasanaan kegiatan-kegiatan Pendidikan Agama Islam tersebut masih ada sebagian kecil peserta didik yang belum melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik. Maka untuk itulah perlu ditanamkan pembiasaan-pembiasaan kegiatan Pendidikan Agama Islam disekolah. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh implementasi Pendidikan Agama Islam terhadap karakter peserta didik di SMA 11 Kota Yogyakarta dan Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh implementasi Pendidikan Agama Islam terhadap karakter peserta didik di SMA 11 Kota Yogyakarta.
Adapun teknik pengumpulan data berupa quesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumalah 216 responden dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 108 responden menggunakan teknik penentuan sampel dengan cara simple random sampling. Adapun proses analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dengan Pendidikan Agama Islam sebagai variabel bebas atau independen dan karakter sebagai variabel terikat atau dependen.
Hasil dari penelitian ini menunjukan Tingkat signifikan 0,000 tersedia dari tabel ANOVA 4.4 karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,5 maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi variabel pengaruh implementasi Pendidikan agama islam, Dengan kata lain ada pengaruh antara variabel Pendidikan Agama Islam (X) dengan Variabel Karakter Peserta didik (Y). Nilai R Square atau koefisien determinan (KD) adalah 0,260, Jawaban ini menunjukkan bahwa variabel Pendidikan Agama Islam (X) memiliki pengaruh sebesar 26% terhadap variabel Karakter Peserta didik( Y).

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: pendidikan agama islam, guru, karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: user fk
Date Deposited: 07 May 2024 02:31
Last Modified: 07 May 2024 02:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62315

Actions (login required)

View Item View Item