Telaah pendidikan akhlak pada generasi milenial di era disrupsi perspektif Buya Hamka: dalam Buku Akhlakul Karimah

Anwar, Dahlan (2024) Telaah pendidikan akhlak pada generasi milenial di era disrupsi perspektif Buya Hamka: dalam Buku Akhlakul Karimah. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031327_JUDUL__240216073909.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031327_BAB_I__240126094156.pdf

Download (615kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031327_BAB_II__240126094156.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031327_BAB_III__240126094157.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031327_BAB_IV__240126094157.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031327_BAB_V__240126094157.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031327_DAFTAR_PUSTAKA__240126094157.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031327_LAMPIRAN__240126094157.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi terkait adanya kasus yang menunjukkan teknologi dan informasi memberikan kemudahan secara teknis kepada kehidupan generasi milenial, terdapat juga yang merusak pertumbuhan dan perkembangan generasi, seperti penyebaran berita yang tidak relevan, pelecehan digital, penipuan, retorika benci, prostitusi daring, eksploitasi seksual, konten dewasa, perdagangan manusia online semakin meraja lela dan mudah diakses. Riset ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Buya Hamka, tentang Telaah pendidikan Akhlak serta mengkaji dan menganalisis relevansi pemikiran pendidikan akhlak Buya Hamka pada generasi milenial di Era disrupsi, dalam buku Akhlakul Karimah.Riset ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan riset studi kepustakaan (library research). Sumber primer dengan menggunakan dua buku karya Buya Hamka yaitu akhlakul karimah dan lembaga budi. Sumber sekunder diperoleh dari sumber-sumber yang memberikan data tidak langsung dari sumber yang aslinya. Sumber data sekunder dalam penelitian ini penulis mengambil data yang bersumber dari perpustakaan dengan menelaah buku-buku yang relevan dengan penelitian ini seperti, buku, jurnal dan penelitian-penelitan yang terdahulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi.
hasil penelitian menunjukkan ada dua pokok pembahasan mengenai Telaah pendidikan akhlak pada generasi milenial di era disrupsi perspektif Buya Hamka, dalam buku Akhlakul Karimah yaitu: Pertama, kebaikan budi pekerti, hak dan kewajian, penyakit hati, hidup beramal dan beribadah. Kedua, relevansi pendidikan akhlak perspektif Buya Hamka yaitu; Relevansi pendidikan akhlak pada Generasi milenial, Relevansi pendidikan akhlak pada Generasi milenial di ranah masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: telaah pendidikan akhlak, buya hamka, generasi milenial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: user fk
Date Deposited: 06 May 2024 02:46
Last Modified: 06 May 2024 02:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62322

Actions (login required)

View Item View Item