Pamungkas, Eqviesta Runtun (2024) Peran Guru PAI dalam menciptakan iklim pendidikan yang sehat di Sekolah Dasar Negeri 2 Depok. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000331010_JUDUL__240319020257.pdf Download (8MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000331010_BAB_I__240319020257.pdf Download (276kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000331010_BAB_II__240319020257.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000331010_BAB_III__240319020257.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000331010_BAB_IV__240319020257.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000331010_BAB_V__240319020257.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000331010_DAFTAR_PUSTAKA__240319020258.pdf Download (169kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000331010_LAMPIRAN__240319020258.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yakni adanya iklim pendidikan yang kurang sehat di SD Negeri 2 Depok. Iklim pendidikan yang kurang sehat terjadi karena faktor dari semua aspek. Pendidikan yang sehat di sekolah dasar merupakan landasan penting dalam membentuk generasi yang berkualitas dan berpotensi untuk masa depan yang lebih baik. Guru memainkan peran penting dalam menciptakan iklim pendidikan yang sehat di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui peran Guru PAI dalam menciptakan iklim yang Sehat di Sekolah Dasar Negeri 2 Depok; (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menciptakan Iklim Pendidikan yang Sehat di Sekolah Dasar Negeri 2 Depok; (3) mengetahui solusi guru PAI dalam menciptakan Iklim Pendidikan yang Sehat di Sekolah Dasar Negeri 2 Depok.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 4 informan yang terdiri Kepala Sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan 2 orang siswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi guna mendapatkan data yang lebih valid. Setelah semua data tersedia, kemudian dilakukan sebuah analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan langkah penarikan kesimpulan. Triangulasi data dari sumber tersebut memperkuat temuan bahwa peran guru PAI memiliki peran penting dalam menciptakan iklim pendidikan yang sehat.
Hasil penelitian ini menyoroti beberapa peran penting yang dilaksanakan oleh guru dalam menciptakan iklim pendidikan yang sehat. Iklim pendidikan yang sehat disebabkan oleh beberapa faktor yakni (1) Guru PAI berperan dalam mengajarkan nilai-nilai agama Islam kepada siswa sehingga menciptakaln iklim Pendidikan yang sehat (2) Pembentukan Karakter peserta didik (3) Penguatan akhlak peserta didik. Guru PAI memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan akhlak mulia siswa. Melalui peran ini, menjadi solusi guru PAI dalam menciptakan iklim pendidikan yang sehat di sekolah dasar dengan lingkungan belajar yang kondusif bagi pertumbuhan holistik siswa dalam aspek agama, moral, dan sosial. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu jalan atau solusi dalam peningkatan mutu peserta didik, terutama dalam menciptakan iklim pendidikan yang sehat agar peserta didik nyaman dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | peran guru pai, menciptakan, iklim pendidikan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 06 May 2024 01:46 |
Last Modified: | 06 May 2024 01:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62333 |
Actions (login required)
View Item |