Filantropi pendidikan Islam: penguatan karakter peduli sosial di Sekolah Muhammadiyah

Purnama, Rizky Wahyu Widi (2024) Filantropi pendidikan Islam: penguatan karakter peduli sosial di Sekolah Muhammadiyah. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2207052028_JUDUL__240319040807.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2207052028_BAB_I__240319040841.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2207052028_BAB_II__240319040914.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2207052028_BAB_III__240319040945.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2207052028_BAB_IV__240319041015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2207052028_BAB_V__240319041057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2207052028_DAFTAR_PUSTAKA__240319041137.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2207052028_LAMPIRAN__240319041214.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T2_2207052028_NASKAH_PUBLIKASI__240319041246.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kabupaten Kulon Progo menghadapi tingkat kemiskinan tinggi yang memengaruhi krisis kepedulian sosial di masyarakat, terutama karena struktur ekonomi yang bergantung pada pertanian dan sektor informal. Solusi terkait meminimalkan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan melalui pendidikan dan kesadaran akan solidaritas sosial. Penelitian ini menyoroti pentingnya pendidikan dalam membentuk karakter peduli sosial, terutama di lingkungan SMK Muhammadiyah 2 Wates, yang mencerminkan tantangan era digital dan upaya mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan filantropi dalam kurikulum untuk memperkuat karakter peduli sosial siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis upaya filantropi pendidikan Islam dan integrasi nilai-nilai Islam di SMK Muhammadiyah 2 Wates untuk memperkuat karakter peduli sosial warga sekolah dalam konteks pendidikan modern serta mengevaluasi dampaknya terhadap karakter warga sekolah dalam aspek peduli sosial.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, menghasilkan data deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Reduksi data dilakukan untuk merangkum hal-hal penting, disajikan melalui narasi dan visualisasi data, serta ditarik kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui pengamatan tekun dan triangulasi. Metode ini mengikuti panduan Creswell dalam merancang dan menganalisis data penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi filantropi Islam di SMK Muhammadiyah 2 Wates memperkuat lingkungan pendidikan holistik, membentuk karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Islam dan semangat Pancasila. Integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan filantropi menciptakan lingkungan yang memperkaya pembelajaran siswa, mencerminkan komitmen sekolah untuk membentuk individu yang empati dan bertanggung jawab. Hal ini memengaruhi karakter peduli sosial siswa, dengan pendekatan pendidikan karakter dan penerapan nilai-nilai Islam memberikan dampak yang dirasakan dalam kehidupan sehari-hari, memberikan landasan moral dan kesadaran sosial yang kuat pada siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: filantropi, pendidikan islam, karakter peduli sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: user fk
Date Deposited: 06 May 2024 02:47
Last Modified: 06 May 2024 02:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62343

Actions (login required)

View Item View Item