Pengembangan game “Spirit Call’s” untuk media pembelajaran interaktif sejarah budaya Indonesia tingkat SMA

Pandia, Andre (2024) Pengembangan game “Spirit Call’s” untuk media pembelajaran interaktif sejarah budaya Indonesia tingkat SMA. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900018180_JUDUL__240307012324.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900018180_BAB_I__240307012324.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900018180_BAB_II__240307012324.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900018180_BAB_III__240307012324.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900018180_BAB_IV__240307012324.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900018180_BAB_V__240307012324.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900018180_DAFTAR_PUSTAKA__240307012324.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900018180_LAMPIRAN__240307012324.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Tenaga pendidik tidak hanya dituntut memberikan sebuah pengajaran yang efektif dan inovatif, namun dituntut dapat memberikan perhatian terhadap perkembangan peserta didik,
baik perkembangan inteligensi maupun psikisnya. Dengan adanya teknologi yang dapat dengan mudah diakses pada era globalisasi saat ini, memungkinkan peserta didik untuk mengakses informasi secara cepat dan mudah hanya dengan memanfaatkan penggunaan smartphone. Oleh karena itu penulis menggabungkan game sebagai metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dari peserta didik.
Penelitian ini akan menggunakan metode R&D (Research and Development) yang terdiri dari identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, acuan referensi & kebutuhan asset, desain produk & validasi desain, pengembangan produk, uji coba produk, revisi produk dan peluncuran produk. Pada tahap awal penelitian digunakan teknik observasi dan wawancara untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di sekitar subjek. Pada tahap desain produk, diterapkan teknik visualisasi dan ilustrasi pada kertas dan desktop untuk mendapatkan gambaran awal dari aplikasi yang akan dibuat. Pada tahap review desain produk, hasil desain yang belum sesuai dengan kebutuhan pengguna dievaluasi dan diperbaiki, Langkah ini akan menghasilkan desain game yang valid. Pada tahap pengujian produk, pengujian dilakukan untuk melihat dan memperoleh informasi tentang produk yang dibuat sesuai dengan tujuan penelitian.
Pengembangan game berbasis android yang dikembangkan menggunakan Unity sebagai media pembelajaran ini telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, pengujian Black Box Testing serta User Experience Questionnaire. Hasil rata-rata pengujian ahli media menunjukkan angka 81.33%, hasil rata-rata pengujian ahli materi menunjukkan angka 84%, hasil uji Black Box Testing adalah 100%, dan uji pengguna dengan total 36 responden menunjukkan angka rata- rata 86,17%. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk terus bersemangat belajar kapanpun dan dimanapun.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Android, media pembelajaran, pengembangan game, research and development, unity
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 30 Apr 2024 06:50
Last Modified: 30 Apr 2024 06:50
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62433

Actions (login required)

View Item View Item