Aplikasi media pembelajaran tentang etika pada mata pelajaran Aqidah Akhlak (studi kasus : Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Bima)

Septiana, Ainun (2024) Aplikasi media pembelajaran tentang etika pada mata pelajaran Aqidah Akhlak (studi kasus : Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Bima). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800018347_JUDUL__240321110540.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800018347_BAB_I__240320125734.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800018347_BAB_II__240320125734.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800018347_BAB_III__240320125734.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800018347_BAB_IV__240320125734.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800018347_BAB_V__240320125734.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800018347_DAFTAR_PUSTAKA__240320125734.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800018347_LAMPIRAN__240320125734.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Bima khususnya pada kelas 3 masih menggunakan media pembelajaran dengan buku LKS, LCD dan proyektor dan siswa hanya dapat
mendengar dan melihat apa yang dijelaskan oleh guru itupun hanya beberapa siswa saja, Sehingga apa yang disampaikan oleh guru tidak sampai kepada siswa karna metode
pengajarannya tidak menarik dan membosankan bagi siswa. Penggunaan layar LCD dan Proyektor hanya sesekali digunakan dalam proses pembelajaran karna belum tersedia di setiap
kelas dan masih digunakan secara bersama yang artinya kesediaan media tersebut di Madrasah Ibtidayah Negeri 6 Bima masih terbatas. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran untuk
membantu siswa dalam proses pembelajaran serta meningkatkan minat siswa dalam belajar. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari aplikasi media
pembelajaran etika. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam balajar.
Metode yang digunakan untuk membuat media pembelajaran ini adalah Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yaitu metode yang sesuai dalam merancang dan mengembangkan suatu aplikasi media yang merupakan gabungan dari media gambar, suara, video, animasi dan lainnya. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) meliputi 6 tahap pengembangan, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distributian.
Dari penelitian yang dilakukan maka dihasilkan sebuah aplikasi media pembelajaran tentang etika pada mata Pelajaran Akidah akhlak berbasis android, aplikasi ini dibuat untuk membantu siswa dalam menambah semangat dan motivasi dalam belajar. Berdasarkan hasil dari pengujian yang dilakukan, pengujian kelayakan multimedia mendapatkan rata-rata 4,62 memperoleh interprestasi sangat layak, serta pengujian Single Ease Question (SEQ) mendapatkan rata-rata 6 ,74 sehinga aplikasi tersebut sangat mudah untuk digunakan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Media pembelajaran, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Pendidikan Etika
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 30 Apr 2024 06:24
Last Modified: 30 Apr 2024 06:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62439

Actions (login required)

View Item View Item