Fadhilah, Ihsan (2024) Aplikasi Panduan Pengenalan Gedung Utama Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Berbasis Augmented Reality Guide. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700018165_JUDUL__240215103958.pdf Download (764kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700018165_BAB_I__240215024315.pdf Download (203kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700018165_BAB_II__240215024315.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700018165_BAB_III__240215024315.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700018165_BAB_IV__240215024315.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700018165_BAB_V__240215024315.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700018165_DAFTAR_PUSTAKA__240215024315.pdf Download (194kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700018165_LAMPIRAN__240215024315.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1700018165_NASKAH_PUBLIKASI__240215103553.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
Abstract
Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya 2 (dua) dimensi maupun 3 (tiga) dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda - benda atau sebuah tempat tersebut dalam waktu nyata (realtime). Pada saat program pengenalan kampus (P2K) masih kurang dalam pemberian informasi ruang – ruang dan informasi lainnya. Kampus 4 UAD terdapat banyak aktiitas seperti administrasi, pendaftaran mahasiswa baru, dan lain – lain. Penelitian yang berjudul "Aplikasi Panduan Pengenalan Gedung Utama Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Berbasis Augmented Reality Guide", memiliki rumusan masalah bagaimana membangun aplikasi Panduan Penggunaan Gedung Utama Kampus 4 UAD Yogyakarta berbasis AR pada perangkat Android. Tujuan pada penelitian ini adalah merancang dan membuat aplikasi Augmented reality guide pada gedung utama kampus 4 UAD agar dapat memperkenalkan kepada mahasiswa baru atau pengunjung yang datang ke UAD.
Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yaitu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran atau informasi yang lebih efisien dan menarik dapat memudahkan pengguna dengan menggunakan Augmented Reality (AR) yang memanfaatkan fitur kamera pada Smartphone Android. Metode MDLC ini memiliki 6 tahapan, yaitu concept (konsep), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian) dan distribution (distribusi).
Penelitian ini menghasilkan aplikasi Augmented Reality Guide UAD yang menjelaskan ruangan – ruangan yang ada dikampus. Dengan beberapa pengujian menggunakan kuesioner SUS mendapatkan hasil skor sebesar 78% dari total 21 responden termasuk dalam kategori Good (Baik), pengujian BlackBox mendapatkan hasil presentase sebesar 100% untuk pengujian fungsionalitas sistem dan pengujian kualitas multimedia mendapatan hasil skor sebesar 89% dari total 20 pertanyaan termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dari pengujian yang sudah dilakukan mendapatkan kesimpulan bahwa aplikasi yang dibangun termasuk dalam kategori Layak digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Augmented Reality, Multimedia, MDLC, Universitas Ahmad Dahlan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 08:50 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 08:50 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62446 |
Actions (login required)
View Item |