Pamungkas, Rafi Dwi (2024) Strategi komunikasi remember entertainment dalam memasarkan musik keroncong. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900030230_JUDUL__240325013116.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900030230_BAB_I__240325013116.pdf Download (708kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900030230_BAB_II__240325013116.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900030230_BAB_III__240325013116.pdf Restricted to Registered users only Download (812kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900030230_BAB_IV__240325013116.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900030230_DAFTAR_PUSTAKA__240325013116.pdf Download (382kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900030230_LAMPIRAN__240325013116.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900030230_NASKAH_PUBLIKASI__240325013116.pdf Download (956kB) |
Abstract
Strategi komunikasi merupakan perencanaan yang tepat dilakukan oleh perusahaan dalam proses penyampaian pesan sehingga komunikasi dapat dengan mudah memahaminya dan menerima apa yang telah disampaikan untuk mengubah sikap atau perilaku orang. Media sosial menjadi salah satu bagian yang sudah menjadi keseharian masyarakat yang dapat memberikan layanan berupa alat untuk melakukan komunikasi pemasaran dengan cepat dalam mempromosikan sebuah konten. Penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan Remember Entertainment dalam memasarkan musik keroncong.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teori manajemen dengan tahapan POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) yang dikemukakan oleh George R. Terry. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan teknik validasi data. Peneliti menggunakan triangulasi sumber data untuk menguji keabsahan data. Objek pada penelitian ini adalah strategi komunikasi Remember Entertainment dalam memasarkan musik keroncong.
Hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi yang dilakukan oleh Remember Entertainment dimulai dari tahap planning dengan menentukan jenis usaha, melakukan riset pasar, menggunakan strategi khalayak untuk menentukan konsep konten, menentukan bentuk promosi, dan mengetahui konsep yang lebih efektif. Pada tahap organizing Remember Entertainment membentuk struktur organisasi yang terdiri dari manager, admin media sosial dan player. Pada tahap actuating admin media sosial Remember Entertainment melaksanakan tugas sesuai kalender konten yang dapat membantu dalam mengorganisasikan perencanaan dan pelaksanaan dalam pembuatan konten dengan memanfaatkan berbagai fitur media sosial. Pada tahap terakhir controlling manager Remember Entertainment mengawasi setiap rekan kerja dalam melaksanakan tugas dan melakukan proses evaluasi terhadap kinerja kerja rekan kerja untuk menentukan keberhasilan strategi komunikasi yang telah direncanakan. Menurut analisis teori manajemen dengan tahapan POAC, hasil penelitian strategi komunikasi Remember Entertainment menyatakan bahwa planning, organizing, actuating, dan controlling merupakan tahapan penting dalam strategi komunikasi perusahaan yang dipimpin oleh manager Remember Entertainment yang bertanggung jawab penuh dalam mengatur yang ada di Remember Entertainment.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi komunikasi, remember entertainment, POAC |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisi / Prodi: | Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 08:51 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 08:51 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62463 |
Actions (login required)
View Item |