Assyifa, Zulfa Tiara (2024) Pengembangan aplikasi pembelajaran dengan construct 2 pada materi kesebangunan sesuai kurikulum merdeka. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006015_JUDUL__240426032931.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006015_BAB_I__240426032931.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006015_BAB_II__240426032931.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000006015_BAB_III__240426032931.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006015_BAB_IV__240426032931.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000006015_BAB_V__240426032931.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006015_DAFTAR_PUSTAKA__240426032931.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006015_LAMPIRAN__240426032931.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena peserta didik yang suka bermain game dan pembelajaran berbasis smartphone. Selain itu, pembelajaran matematika juga dianggap sulit dan adanya perubahan kurikulum dari Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka sehingga diperlukan inovasi media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan aplikasi pembelajaran Construct 2 pada materi kesebangunan sesuai Kurikulum Merdeka, (2) mengetahui kevalidan aplikasi pembelajaran Construct 2 pada materi kesebangunan sesuai Kurikulum Merdeka, (3) mengetahui kepraktisan aplikasi pembelajaran Construct 2 pada materi kesebangunan sesuai Kurikulum Merdeka.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Pleret, sedangkan aplikasi pembelajaran dengan Construct 2 pada materi kesebangunan merupakan objeknya. Aplikasi pembelajaran yang dikembangkan untuk materi kesebangunan kelas VIII dan disertai soal pembelajaran dalam bentuk game. Adapun soal dalam aplikasi berbentuk pilihan ganda. Metode pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, dokumentasi dan instrumen angket.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Langkah-langkah dalam mengembangkan aplikasi pada penelitian ini nya adalah Analysis (Analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). (2) Aplikasi pembelajaran Construct 2 pada materi kesebangunan sesuai Kurikulum Merdeka juga dinilai sangat valid dari segi materi dan media dengan rata-rata 89,76% oleh ahli materi dan rata-rata sebesar 91,96% sehingga media dinyatakan layak. Penelitian hanya terbatas pada uji kelayakan media. (3) Aplikasi pembelajaran Construct 2 pada materi kesebangunan sesuai Kurikulum Merdeka untuk dinilai sangat praktis baik dari uji kelas kecil maupun besar dengan rata-rata nilai 93,10% sehingga media dinyatakan layak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | aplikasi pembelajaran, construct 2, kesebangunan, kurikulum merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 05:55 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 05:55 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62801 |
Actions (login required)
View Item |