Saputra, Nizar Arprian (2024) Pemodelan pelayanan farmasi di Rumah Sakit Umum Pekerja menggunakan ITIL versi 3. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900016004_JUDUL__240324111419.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900016004_BAB_I__240322124043.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900016004_BAB_II__240322124043.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1900016004_BAB_III__240322124043.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1900016004_BAB_IV__240322124044.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
T1_1900016004_BAB_V__240322124044.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900016004_DAFTAR_PUSTAKA__240322124044.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900016004_LAMPIRAN__240322124044.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Pemodelan layanan farmasi merupakan proses membangun dan membentuk sebuah model dari suatu sistem atau layanan nyata dalam unit Farmasi, yang bertujuan untuk mempermudah fitur tertentu dalam dunia nyata. Penelitian ini mengusung masalah yaitu dokter tidak mempunyai akses untuk mengetahui stok obat pada Farmasi. Unit Farmasi di Rumah Sakit Umum Pekerja belum menerapkan Sistem Informasi dalam layanan yang berjalan saat ini.
Tahap pertama dalam penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data menggunakan studi literatur, observasi dan wawancara. Setelah melakukan tahap pengumpulan data dilakukan menganalisis kondisi saat ini dan analisis kondisi yang diharapkan di Rumah Sakit Umum Pekerja. Selanjutnya setelah melakukan tahapan tersebut dilakukan pemodelan layanan farmasi menggunakan domain Service Design dan Service Strategy. Tahap terakhir pada penelitian ini yaitu memvalidasikan semua dokumen kepada kepala Farmasi di Rumah Sakit Umum Pekerja.
Hasil dari penelitian pada pemodelan pelayanan farmasi di Rumah Sakit Umum Pekerja yaitu berupa model layanan yang baru berupa flowchart. Layanan yang dirancang akan berdasarkan dengan Service Catalogue Management dan Service Level Agreement dari Framework ITIL Versi 3. Model layanan yang baru sudah tervalidasi oleh kepala unit Farmasi di Rumah Sakit Umum Pekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang model layanan menggunakan Framework ITIL Versi 3. Manfaat penelitian ini yaitu adanya suatu rekomendasi model layanan baru untuk meningkatkan kinerja pelayanan kefarmasian.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | rumah sakit, pemodelan pelayanan farmasi, farmasi, ITIL versi 3, model layanan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:03 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:03 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62851 |
Actions (login required)
View Item |