Samsinar, Samsinar (2024) Pengembangan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207050003_JUDUL__240315122342.pdf Download (731kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207050003_BAB_I__240315122342.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207050003_BAB_II__240315122342.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207050003_BAB_III__240315122342.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207050003_BAB_IV__240315122342.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207050003_BAB_V__240315122343.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207050003_DAFTAR_PUSTAKA__240315122343.pdf Download (151kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207050003_LAMPIRAN__240315122343.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu tujuan utama dalam pembelajaran matematika adalah meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis, karena keterampilan ini sangat penting untuk
memecahkan berbagai masalah matematika. Faktanya kemampuan komunikasi
matematis peserta didik di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta masih termasuk
dalam kriteria rendah berdasarkan hasil tes tertulis yang sudah dilakukan peneliti.
Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan guru terhadap
peserta didik masih menggunakan metode ceramah dan penggunaan bahan ajar
LKPD belum memuat masalah-masalah kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education untuk
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini
merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan
model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan
pada tahap eksperimen produk, digunakan Nonequivalent Control Group Design,
yang merupakan bagian dari desain quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini berupa instrumen validasi, instrumen respon peserta didik, dan
soal pretest dan posttest. Berdasarkan uji validitas, produk LKPD berbasis Realistic
Mathematics Education termasuk kategori baik dari segi materi dengan skor ratarata 113 dan sangat baik dari segi media dengan skor rata-rata 83. Sedangkan dari
segi respon peserta didik, LKPD berbasis RME termasuk kategori baik dengan skor
rata-rata 54,38, sehingga dikatakan praktis. Berdasarkan hasil analisis nilai posttest
kelas eksperimen dan kelas kontrol LKPD berbasis RME efektif digunakan untuk
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | LKPD, Realistic Mathematics Education, kemampuan komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > FKIP Doc |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 10 May 2024 02:56 |
Last Modified: | 10 May 2024 02:56 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62890 |
Actions (login required)
View Item |