Pengaruh stres akademik dan dukungan sosial terhadap flow akademik pada siswa kelas XI SMAN 8 Yogyakarta

Putri, Annisa Pratiwi Utami (2024) Pengaruh stres akademik dan dukungan sosial terhadap flow akademik pada siswa kelas XI SMAN 8 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000013067_JUDUL__240314081911.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000013067_BAB_I__240314081911.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000013067_BAB_II__240314081911.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000013067_BAB_III__240314081911.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000013067_BAB_IV__240314081911.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000013067_BAB_V__240314081911.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000013067_DAFTAR_PUSTAKA__240314081911.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000013067_LAMPIRAN__240314081911.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000013067_NASKAH_PUBLIKASI__240314083506.pdf

Download (865kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji pengaruh stres akademik dan dukungan sosial terhadap academic flow pada siswa SMA, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta yang berjumlah 190. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur psikologi sebagai pengumpulan data. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik stratified cluster random. Skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala academic flow, skala stres akademik, dan skala dukungan sosial.
Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis indeks pengaruh stres akademik dan dukungan sosial terhadap academic flow dengan nilai koefisien prediktor (R) sebesar 0,424 dan kriterium (F) sebesar 12,253 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01) yang artinya terdapat pengaruh yang sangat signifikan stres akademik dan dukungan sosial, sehingga dapat diartikan bahwa hipotesis mayor diterima. Hasil analisis dari data penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif stres akademik terhadap academic flow dengan nilai koefisien korelasi t = -3,132 dengan taraf signifikansi 0,002 (p<0,01) dan nilai r-partial -0,284. Terdapat pengaruh positif dukungan sosial terhadap academic flow dengan nilai koefisien korelasi t = 3,497 dengan taraf signifikansi 0,001 (p<0,01) dan nilai r-partial 0,314. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh stres akademik dan dukungan sosial terhadap academic flow pada siswa kelas XI dan XII SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta, dengan variabel stres akademik dan dukungan sosial memberikan sumbangan efektif terhadap academic flow sebesar 17,9428%. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh stres akademik dan dukungan sosial terhadap academic flow.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Academic flow, dukungan sosial, stres akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 15 May 2024 06:20
Last Modified: 15 May 2024 06:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62927

Actions (login required)

View Item View Item