Putri, Annisa Pratiwi Utami (2024) Pengaruh stres akademik dan dukungan sosial terhadap flow akademik pada siswa kelas XI SMAN 8 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000013067_JUDUL__240314081911.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000013067_BAB_I__240314081911.pdf Download (344kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000013067_BAB_II__240314081911.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000013067_BAB_III__240314081911.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000013067_BAB_IV__240314081911.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000013067_BAB_V__240314081911.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000013067_DAFTAR_PUSTAKA__240314081911.pdf Download (495kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000013067_LAMPIRAN__240314081911.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000013067_NASKAH_PUBLIKASI__240314083506.pdf Download (865kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji pengaruh stres akademik dan dukungan sosial terhadap academic flow pada siswa SMA, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta yang berjumlah 190. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur psikologi sebagai pengumpulan data. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik stratified cluster random. Skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala academic flow, skala stres akademik, dan skala dukungan sosial.
Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis indeks pengaruh stres akademik dan dukungan sosial terhadap academic flow dengan nilai koefisien prediktor (R) sebesar 0,424 dan kriterium (F) sebesar 12,253 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01) yang artinya terdapat pengaruh yang sangat signifikan stres akademik dan dukungan sosial, sehingga dapat diartikan bahwa hipotesis mayor diterima. Hasil analisis dari data penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif stres akademik terhadap academic flow dengan nilai koefisien korelasi t = -3,132 dengan taraf signifikansi 0,002 (p<0,01) dan nilai r-partial -0,284. Terdapat pengaruh positif dukungan sosial terhadap academic flow dengan nilai koefisien korelasi t = 3,497 dengan taraf signifikansi 0,001 (p<0,01) dan nilai r-partial 0,314. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh stres akademik dan dukungan sosial terhadap academic flow pada siswa kelas XI dan XII SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta, dengan variabel stres akademik dan dukungan sosial memberikan sumbangan efektif terhadap academic flow sebesar 17,9428%. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh stres akademik dan dukungan sosial terhadap academic flow.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Academic flow, dukungan sosial, stres akademik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 15 May 2024 06:20 |
Last Modified: | 15 May 2024 06:20 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62927 |
Actions (login required)
View Item |