Nurhasanah, Nurhasanah (2024) Efektivitas model PBL berbantuan articulate storyline terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006061_JUDUL__240323102028.pdf Download (724kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006061_BAB_I__240323102029.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006061_BAB_II__240323102029.pdf Restricted to Registered users only Download (960kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000006061_BAB_III__240323102029.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006061_BAB_IV__240323102029.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000006061_BAB_V__240323102029.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006061_DAFTAR_PUSTAKA__240323102029.pdf Download (254kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006061_LAMPIRAN__240323102029.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Articulate Storyline pada materi SPLTV terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain pretest-posttest control group design dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas X-BPA sebagai kelas eksperimen dan X-TOA sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) Berdasarkan uji paired sample t-test, diperoleh hasil posttest kemampuan pemecahan masalah siswa lebih dari hasil pretestnya baik untuk kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Untuk kelas kontrol diperoleh artinya rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol setelah perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PowerPoint lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebelum perlakuan. Untuk kelas eksperimen diperoleh artinya rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen setelah perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Articulate Storyline lebih besar dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebelum perlakuan. (2) Rata-rata nilai posttest pemecahan masalah kelas eksperimen lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol. Untuk rata-rata kelas eksperimen adalah sedangkan kelas kontrol sebesar . Dengan menggunakan uji independent sample t-test diperoleh artinya kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Articulate Storyline lebih efektif dari pada menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PowerPoint.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | kemampuan pemecahan masalah, PBL, articulate storyline |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 11 May 2024 02:39 |
Last Modified: | 11 May 2024 02:39 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62975 |
Actions (login required)
View Item |