Baskara, Gilang Isa (2024) Manajemen kemitraan sekolah dengan dunia industri pada kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Klaten Utara. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2007049001_JUDUL__240429024754.pdf Download (611kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2007049001_BAB_I__240429030017.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2007049001_BAB_II__240429030017.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
|
Text (BAB III)
T2_2007049001_BAB_III__240429030017.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
Text (BAB IV)
T2_2007049001_BAB_IV__240429030017.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
|
Text (BAB V)
T2_2007049001_BAB_V__240429030017.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2007049001_DAFTAR_PUSTAKA__240429030017.pdf Download (127kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2007049001_LAMPIRAN__240429030017.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Manajemen Kemitraan Sekolah dengan Dunia Industri pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Klaten Utara, Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididikan, Universitas Ahmad Dahlan, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kemitraan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi, kemitraan antara Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Klaten Utara kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik dengan dunia industri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua kompetensi keahlian, guru, koordinator bursa kerja khusus, siswa, alumni dan pihak industri. Objek penelitian adalah manajemen kemitraan antara Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Klaten Utara kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik dengan mitra industri melalui program guru tamu. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan interactive model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) perencanaan kemitraan dimulai dari analisis situasi dan identifikasi masalah dengan memperhatikan tujuan sekolah melalui peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan kerjasama dengan industri, salah satunya dengan pelaksanaan program guru tamu; (2) pengorganisasian kemitraan dilakukan dengan menentukan sumber daya dan kegiatan untuk mencapai tujuan sekolah melalui program guru tamu. Program ini dinilai sangat sesuai untuk kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik; (3) pelaksanaan kemitraan antara sekolah dengan industri sudah efisien ditandai dengan adanya pengembangan keterampilan staff, serta peningkatan keterampilan peserta didik setelah ada program guru tamu; (4) evaluasi kemitraan sudah berjalan dengan baik melalui melakukan pembenahan kompetensi di kurikulum dan melakukan persamaan persepsi dengan mitra DUDI yang nantinya digunakan untuk menentukan standar kompetensi peserta didik. Untuk mengukur pelaksanaan atau hasil yang sudah dicapai, sekolah melakukan tracer study serta memperluas kerjasama dengan industri guna meningkatkan program guru tamu. Secara keseluruhan manajemen kemitraan sekolah dengan industry pada kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Klaten Utara sudah berjalan dengan baik, dilihat dari sebagian besar langkah-langkah dari manajemen kemitraan sudah sesuai dengan indikator keberhasilan dalam kisi-kisi penelitian dan adanya peningkatan kompetensi peserta didik melalui program guru tamu.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | manajemen, kemitraan, sekolah menengah kejuruan, dunia industri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan Vokasi |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 11 May 2024 00:48 |
Last Modified: | 11 May 2024 00:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62990 |
Actions (login required)
View Item |