Pengembangan LKPD matematika materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) yang terintegrasi pada nilai-nilai keislaman

Fadaukas, Najla' Zaul (2024) Pengembangan LKPD matematika materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) yang terintegrasi pada nilai-nilai keislaman. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900006110_JUDUL__240322094931.pdf

Download (927kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900006110_BAB_I__240322094931.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900006110_BAB_II__240322094931.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900006110_BAB_III__240322094931.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900006110_BAB_IV__240322094931.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900006110_BAB_V__240322094931.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006110_DAFTAR_PUSTAKA__240322094931.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900006110_LAMPIRAN__240322094931.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang diperoleh dari kegiatan pra penelitian di MTs Al-Ghozaly Wonosobo. Pengumpulan data pra penelitian dilakukan melalui wawancara pendidik mata pelajaran matematika ditemukan bahwa masih banyak peserta didik kelas VIII-C yang nilai ulangan
harian SPLDV di bawah KKM. LKS yang digunakan masih berwarna hitam putih yang dominan berisi materi dan terkesan monoton sehinga peserta didik kurang tertarik untuk mempelajari dan sulit memahami materi terutama materi SPLDV. Selain itu, masih banyak peserta didik yang belum menerapkan nilai- nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang Terintegrasi pada Nilai-nilai Keislaman dengan harapan agar peserta didik tertarik dan mudah memahami materi SPLDV yang berkaitan dengan nilai-nilai keislaman pada kehidupan sehari-hari.
Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini ialah model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan angket ahli materi, ahli media dan angket respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Ghozaly Wonosobo dengan uji coba kelas kecil berjumlah 7
orang peserta didik dan uji coba kelas besar berjumlah 23 peserta didik. Tahap analisis data dilaksanakan dengan melakukan perhitungan dan analisis hasil uji kevalidan dari ahli materi dan media, serta hasil uji kepraktisan dari peserta didik pada uji skala kelas kecil dan besar.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) Hasil presentase ahli materisebesar 4,74, termasuk pada kategori sangat valid; (2) Hasil presentase ahli media sebesar 4,8, termasuk pada kategori sangat valid; (3) Hasil presentase pada respon peserta didik pada uji coba kelas kecil sebesar 97% dan uji coba kelas besar sebesar 88%, termasuk pada kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
LKPD Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang Terintegrasi pada Nilai-nilai Keislaman yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: pengembangan, LKPD, SPLDV, terintegrasi nilai-nilai Keislaman, ADDIE
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: dian yunihasti
Date Deposited: 03 May 2024 03:46
Last Modified: 06 May 2024 01:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62998

Actions (login required)

View Item View Item