Pengukuran domain economics pada PIECES framework berdasarkan analisis sentimen

Naufal, Arga Zahrana (2024) Pengukuran domain economics pada PIECES framework berdasarkan analisis sentimen. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900016060_JUDUL__240504124934.pdf

Download (924kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900016060_BAB_I__240504124934.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900016060_BAB_II__240504124934.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900016060_BAB_III__240504124934.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900016060_BAB_IV__240504124934.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900016060_BAB_V__240504124934.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900016060_DAFTAR_PUSTAKA__240504124934.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900016060_LAMPIRAN__240504124934.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)

Abstract

Penelitian untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna dalam domain Economics yang ada pada metode PIECES Framework biasanya dilakukan menggunakan kuisioner. Pengggunan kuisioner untuk mengukur tingkat kepuaasan pengguna memiliki beberapa kelemahan, kelemahan kuisioner yaitu dari segi hasil yang didapat kurang efisien, responden tidak tepat sasaran dan kurang mengerti tentang apa yang sedang ditanyakan. Dalam penelitian ini untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna berfokus pada domain Economics yang biasanya menggunakan kuesioner diubah menjadi ulasan.Tujuan penilitian ini untuk mengetahui apakah analisis sentimen pada domain Economics dapat diterapkan dan berguna untuk mengetahui hasil dari tingkat kepuasan pengguna yang diteliti.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode PIECES Framework berfokus pada domain Economics. Dalam pengumpulan data menggunakan ulasan terdiri dari beberapa langkah, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut: langkah pertama melakukan pengumpulan data berupa ulasan dari google play store pada aplikasi gojek, langkah kedua melakukan analisis data yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu: pre-processing, pembuatan dictionary untuk mendapatkan keyword, kemudian melakukan similarity data sesuai dengan domain berdasarkan dictionary yang diperoleh, selanjutnya dilakukan penskalaan menggunakan metode skala likert dan langkah terakhir melakukan perhitungan tingkat kepuasan.
Dari penelitian yang sudah dilaksanakan melalui berbagai proses pengolahan data, mulai dari ulasan aplikasi gojek yang di dapat melalui google play store, sampai dengan perhitungan tingkat kepuasan pengguna menghasilkan nilai 3.3. Hal ini menunjukan tingkat kepuasan pengguna dari aplikasi gojek yaitu ragu-ragu. Sesuai dengan pengkategorian tingkat kepuasan pengguna berdasarkan model Kaplan dan Norton menunjukkan bahwa pengguna masih bimbang dalam menggunakan aplikasi yang berkaitan dengan domain economics.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: kepuasan pengguna, pieces framework, domain economics, gojek, analisis sentimen
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: user fk
Date Deposited: 08 May 2024 03:22
Last Modified: 08 May 2024 03:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63176

Actions (login required)

View Item View Item