Wulandari, Dyah (2024) Peran efikasi diri dan kreativitas dalam peningkatan school well-being siswa di SMPN 1 Imogiri. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2108044030_JUDUL__240131024151.pdf Download (607kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2108044030_BAB_I__240131024151.pdf Download (225kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2108044030_BAB_II__240131024151.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2108044030_BAB_III__240131024151.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2108044030_BAB_IV__240131024151.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2108044030_BAB_V__240131024151.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2108044030_DAFTAR_PUSTAKA__240131024151.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T2_2108044030_LAMPIRAN__240131024151.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Remaja usia 11-14 tahun merupakan remaja awal yang menghabiskan waktunya di sekolah. Remaja dalam posisinya sebagai pelajar memiliki penilaian terhadap sekolah yang nyaman, aman, menyenangkan sebagai pemenuhan prestasi, pengembangan potensi dan mental. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji peran dari efikasi diri dan kreativitas terhadap school well-being pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Imogiri Bantul Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Imogiri yang berjumlah 661 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yakni quota sampling, dengan sampel penelitian siswa kelas VII, VIII, dan IX berjumlah 423 siswa yang diperoleh menggunakan tabel Cohen. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang terdiri dari, skala school well-being, skala efikasi diri, dan skala kreativitas. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan aplikasi Jamovi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda yaitu suatu teknik analisis statistik untuk mengetahui peran antara variabel efikasi diri dan kreativitas dengan school well-being. Pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara simultan efikasi diri dan kreativitas siswa bersama-sama berperan sangat signifikan terhadap school well-being siswa SMP Negeri 1 Imogiri Bantul Yogyakarta dengan nilai F = 115,871 dan nilai signifikansi 0.000 (p<0,01). Secara parsial efikasi diri berperan sangat signifikan terhadap school well-being dengan nilai t sebesar 5,792 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0.01). Kreativitas siswa secara parsial berperan sangat signifikan terhadap school well-being dengan nilai t sebesar 5, 487 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01).
Kata kunci: Efikasi diri, Kreativitas siswa, School Well-being.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | efikasi diri, kreativitas siswa, school well-being |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi) |
Depositing User: | userperpus1 userperpus1 |
Date Deposited: | 13 May 2024 09:08 |
Last Modified: | 13 May 2024 09:08 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63233 |
Actions (login required)
View Item |