Wulandari, Irma Suratna (2024) Penamaan merek pada kemasan tempe di pasar induk Giwangan Daerah Istimewa Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2015025045_JUDUL__240227013229.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2015025045_BAB_I__240227013229.pdf Download (58kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2015025045_BAB_II__240227013229.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2015025045_BAB_III__240227013229.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2015025045_BAB_IV__240227013229.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2015025045_BAB_V__240227013229.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2015025045_DAFTAR_PUSTAKA__240227013229.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2015025045_LAMPIRAN__240227013819.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2015025045_NASKAH_PUBLIKASI__240227013740.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pemberian nama merek yang
unik pada kemasan tempe. Nama-nama unik yang digunakan pada kemasan tempe
merupakan wujud nyata hasil kreativitas berpikir manusia dalam menciptakan
gagasan atau ide. Keunikan nama merek yang digunakan dalam bentuk tulisan tidak
terlepas dari penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan bentuk kebahasaan dan latar belakang budaya penamaan
merek pada kemasan tempe di Pasar Induk Giwangan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan subjek
penelitian berupa nama-nama merek yang ada di kemasan tempe, sedangkan objek
dalam penelitian ini berupa bentuk kebahasaan dan latar belakang budaya dari
penamaan merek tempe. Pendekatan antropolinguistik digunakan dalam penelitian
ini untuk menelaah dan menjelaskan masalah penelitian. Metode pengumpulan data
berupa observasi, dokumentasi, wawancara. Metode analisis data dalam penelitian
ini menggunakan metode padan referensial, translasional dan metode agih.
Berdasarkan hasil analisis data dari 20 produk tempe yang memiliki nama
merek pada kemasannya, diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Bentuk
kebahasaan nama merek kemasan tempe dikelompokkan menjadi dua yaitu bentuk
kata sebanyak 7 data dengan jenis morfem tunggal berupa kata nomina dan
singkatan. Bentuk frase sebanyak 13 data dengan jenis frase nomina, frase
numeralia, frase adjektiva, dan frase verbal. (2) Latar belakang budaya penamaan
merek kemasan tempe didasarkan atas makna nama yang diinginkan oleh pencipta
merek, data tersebut dikelompokkan menjadi tiga jenis makna nama yaitu makna
nama futuratif sebanyak 7 data, makna nama situasional sebanyak 6 data, dan
makna nama kenangan sebanyak 7 data.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | nama, antropolinguistik, merek, pasar Giwanagn Yogyakarta |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | userperpus1 userperpus1 |
Date Deposited: | 11 May 2024 08:47 |
Last Modified: | 11 May 2024 08:47 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63245 |
Actions (login required)
View Item |