Nisaurrahmah, Nisaurrahmah (2024) Pengembangan media flash card untuk meningkatkan pengetahuan seksual siswa sekolah dasar kelas awal. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005383_JUDUL__240210112115.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005383_BAB_I__240210112115.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005383_BAB_II__240210112115.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005383_BAB_III__240210112115.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005383_BAB_IV__240210112115.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005383_BAB_V__240210112115.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005383_DAFTAR_PUSTAKA__240210112115.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005383_LAMPIRAN__240210112115.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005383_NASKAH_PUBLIKASI__240210112115.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan siswa mengenai pendidikan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas, kelayakan, dan efektivitas media flashcard pendidikan seksual untuk meningkatkan pengetahuan seksual siswa sekolah dasar kelas awal. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap implementasi pada penelitian ini tidak dilakukan karena keterbatasan waktu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Muhammadiyah Pakem yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, lembar penilaian produk, dan soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil validasi ahli media mendapatkan nilai sebesar 88 dengan kategori sangat berkualitas, validasi ahli materi dan pembelajaran mendapatkan nilai sebesar 86 dengan kategori sangat berkualitas, dan ahli psikologi anak mendapatkan hasil sebesar 80 dengan kategori sangat berkualitas. Hasil penilaian respon guru mendapatkan nilai sebesar 88 dan respon siswa mendapatkan nilai sebesar 94,3 dengan kategori sangat layak. Hasil uji efektivitas memperoleh nilai rata-rata pre-test 63 dan post-test 86,33. Hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.00 lebih kecil dari 0.05 sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media flashcard sangat berkualitas, layak, dan efektif untuk meningkatkan pengetahuan seksual siswa sekolah dasar kelas awal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | media pembelajaran, pendidikan seksual, flash card |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | userperpus1 userperpus1 |
Date Deposited: | 11 May 2024 08:47 |
Last Modified: | 11 May 2024 08:47 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63250 |
Actions (login required)
View Item |