Irawansyah, Chandra (2024) Analisis isi buku tematik kelas 2 kurikulum 2013 dengan kesantunan berbahasa dalam pembelajaran daring. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700005179_JUDUL__240215103116.pdf Download (823kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700005179_BAB_I__240215103116.pdf Download (86kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700005179_BAB_II__240215103116.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700005179_BAB_III__240215103116.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700005179_BAB_IV__240215103116.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700005179_BAB_V__240215103116.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700005179_DAFTAR_PUSTAKA__240215103116.pdf Download (13kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700005179_LAMPIRAN__240215103116.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1700005179_NASKAH_PUBLIKASI__240215103116.pdf Download (231kB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi yang dilakukan oleh siswa dan guru dengan tujuan tertentu. Salah satu sumber belajar yang selalu dipakai dalam pembelajaran adalah buku. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 menjelaskan bahwa buku teks wajib digunakan di sekolah yang didalamnya memuat berbagai materi pembelajaran dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan, budi pekerti, dan kepribadian kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, kemampuan dan kepekaan estetis, serta potensi fisik dan kesehatan yang disusun berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.
Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui kesalahan yang terdapat pada buku tematik kelas 2 kurikulum 2013, 2) untuk mengetahui kesesuaian antara SKL, KI, KD, dengan Indikator Pembelajaran yang terpdat pada buku guru dan buku sisa tematik kelas 2 kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru Kelas II dan Buku Tematik Kelas 2 Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, analisis teks, dan teknik baca catat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : buku teks mata pelajaran tematik terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kesesuaiannya dengan Kurikulum 2013 revisi 2017 dengan 8 aspek yang sudah dianalisis diantaranya : 1) hasil presentase aspek kesesuaian dengan SKL rata-rata diperoleh 81,7% dalam kategori Baik, 2) aspek kesesuaian dengan KI rata-rata diperoleh 80% dalam kategori Baik, 3) aspek kesesuaian dengan KD rata-rata diperoleh 80% dalam kategori Baik, 4) aspek kecukupan materi rata-rata diperoleh 85% dalam kategori Sangat Baik, 5) aspek kedalaman materi rata-rata diperoleh 75% dalam kategori Baik, 6) aspek pendekatan sintifik rata-rata diperoleh 77,5% dalam kategori baik, 7) aspek penilaian autentik rata-rata diperoleh 62,5% dalam kategori Cukup Baik, 8) aspek literatur buku rata-rata diperoleh 60% dalam kategori Cukup Baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendidikan, Pembelajaran Daring, Buku Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus1 userperpus1 |
Date Deposited: | 13 May 2024 01:59 |
Last Modified: | 13 May 2024 01:59 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63260 |
Actions (login required)
View Item |