Handayani, Fauziyah Inas (2024) Implementasi program tahfidzul Qur’an dengan metode ummi di SD IT Insan Cendekia. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005138_JUDUL__240319121304.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005138_BAB_I__240316012148.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005138_BAB_II__240319123037.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005138_BAB_III__240319123037.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005138_BAB_IV__240319123037.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005138_BAB_V__240319123037.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005138_DAFTAR_PUSTAKA__240316012148.pdf Download (532kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005138_LAMPIRAN__240316012148.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005138_NASKAH_PUBLIKASI__240314122215.pdf Download (257kB) |
Abstract
SD IT Insan Cendekia merupakan salah satu sekolah islam yang mengajarkan tahfidz di kelas, SD ini sudah menjadikan tahfidz Al-Qur’an sebagai mata pelajaran pokok dan telah dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah inilah yang membedakan SD ini dengan SD yang lain. Program tahfidz di SD IT Insan Cendekia, menggabungkan pembelajaran tahsin dengan tahfiz karena keduanya saling berkaitan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi program tahfidz dengan metode ummi dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat program tahfidzul Al Qur’an di SD IT Insan Cendekia.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, dokumentasi, dan wawancara. Teknik untuk menguji keabsahan data dengan triangulasi data. Teknik analisa data menggunakan model analisa interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Tahfidzul Qur'an di SD IT Insan Cendekia dibagi dalam 3 tahap yakni persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan dilihat dari lingkungan, tujuan, sarpras, SDM (guru dan murid). Sedangkan tahap pelaksanaan dilihat dari metode yang digunakan serta pengelolaan kelas yang dilakukan guru. Pada tahap terakhir yakni evaluasi dilakukan untuk mengevaluasi anak dan program 2. Faktor pendukung program tahfidz di SD IT Insan Cendekia yaitu dukungan dari lingkungan secara emosional dan finansial, guru yang ahli, ketersediaan sarana dan prasarana, serta bakat dan minat anak itu sendiri. Serta yang menjadi faktor penghambat nya adalah adanya pengaruh buruk dari lingkungan berupa game dan media sosial yang menyebabkan anak malas belajar dan menghafal, kemampuan anak yang kurang, anak mencoba menghafal tanpa bimbingan guru/ dengan guru yang salah, serta anak merasa sulit dalam menghafal saat ayat yang dihafal terdapat kemiripan bunyi antara satu dengan yang lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Tahfidz Al Qur’an, faktor pendukung, faktor penghambat, metode ummi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 13 May 2024 04:15 |
Last Modified: | 13 May 2024 04:16 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63298 |
Actions (login required)
View Item |