Implementasi program market day dalam upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada peserta didik di SD Muhammadiyah Mertosanan

Permana, Wiliyam (2024) Implementasi program market day dalam upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada peserta didik di SD Muhammadiyah Mertosanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005335_JUDUL__240318071200.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005335_BAB_I__240318060240.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005335_BAB_II__240318060240.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005335_BAB_III__240318060240.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005335_BAB_IV__240318060240.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005335_BAB_V__240318060240.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005335_DAFTAR_PUSTAKA__240318060240.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005335_LAMPIRAN__240318060241.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005335_NASKAH_PUBLIKASI__240318071200.pdf

Download (288kB)

Abstract

Pada anak usia sekolah dasar merupakan salah satu waktu yang tepat untuk
menanamkan karakter karena pada usia tersebut siswa mudah menerima ilmu. Tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia yang rendah disebabkan oleh tingkat pengangguran tinggi, tidak sebanding dengan jumlah lowongan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan implementasi program market day dalam upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada peserta didik di SD Muhammadiyah Mertosanan Bantul.
Penelitian ini, penelitian kualitatif, deskriptif dengan menggunakan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas VI dan kelas I, serta siswa kelas VI dan I di SD Muhammadiyah Mertosanan. Teknik analisis menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil yaitu: 1) Perencanaan program market day yang mana pada awalnya berupa dari kegiatan outing diluar sekolah dilaksanakan dalam satu semester empat kali. Kegiatan outing sekolah dirasakan memberatkan pihak sekolah sampai pada akhirnya muncul kegiatan market day sebagai selingannya. 2) Pelaksanaan program market day, dilakukan setiap hari sabtu legi yang diikuti oleh seluruh warga sekolah, terdapat dua kelas yang bertugas menjadi penjual. 3) Saat pelaksanaan market day mampu melatih siswa untuk memiliki rasa percaya diri. Siswa dilatih agar tidak malu bertemu orang banyak saat menawarkan barang dagangnya dari satu orang ke orang lain. Kemudian siswa dapat terlatih untuk mengambil keputusan serta berani menanggung resiko dengan pilihannya, oleh karena itu siswa menjadi memiliki motivasi lebih supaya barang jualannya habis. 4) Peranan guru dalam pelaksanaan market day adalah memberikan kegiatan
pembiasaan supaya tertanamkan jiwa kewirausahaan baik di dalam kelas atau diluar kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Market day, jiwa kewirausahaan, sekolah dasar, implementasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 16 May 2024 02:21
Last Modified: 16 May 2024 02:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63415

Actions (login required)

View Item View Item