Panggalih, Ithma (2024) Internalisasi nilai-nilai kaderisasi dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di kelas 8 SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031085_JUDUL__240517104905.pdf Download (613kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031085_BAB_I__240517102424.pdf Download (277kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031085_BAB_II__240517102424.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000031085_BAB_III__240517102424.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031085_BAB_IV__240517102424.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000031085_BAB_V__240517102424.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031085_DAFTAR_PUSTAKA__240517102424.pdf Download (79kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031085_LAMPIRAN__240517102424.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tujuan awal adanya mata pelajaran Kemuhammadiyahan di beberapa sekolah belum sesuai dengan esensinya, yang seharusnya sebagai bentuk pengenalan Muhammadiyah kepada peserta didik serta sebagai proses perkaderan awal dan pertama di lini sekolah yang diterima oleh peserta didik sekaligus kader Muhammadiyah yang terbentuk dari lini sekolah Muhammadiyah. Harapannya melalui gerbang mata pelajaran kemuhammadiyahan ini lah peserta didik mampu memahami dan mengenal Muhammadiyah dengan baik, dan kelak nantinya masing masing peserta didik yang menyandang gelar kader ini mampu kembali dan berjuang untuk Muhammadiyah. Hanya saja pada implementasinya belum semua sekolah Muhammadiyah memahami esensi dari mata pelajaran kemuhammadiyaha itu sendiri, sehingga pada beberapa sekolah belum mencapai value nilai kaderisasi itu sendiri sekaligus perkaderan di lini sekolah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data, dimana data yang diperolah didapatkan dari beberapa sumber dan dengan teknik yang berbeda-beda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai kaderisasi melalui mata pelajaran kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 3 Depok berlangsung dengan baik dengan berbagai metode yang terangkum dalam tiga kegiatan yakni intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Melalui tiga point utama kegiatan tersebutlah SMP Muhammadiyah 3 Depok mempunyai metode yang tidak diterapkan dalam sekolah lain dalam proses pembelajaran kemuhammadiyahan pun juga proses kaderisasi yang dilakukan sekolah, baik berbentu teori maupun praktek.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | internalisasi, nilai kaderisasi, pembelajaran, kemuhammadiyahan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 21 May 2024 02:50 |
Last Modified: | 21 May 2024 02:50 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63541 |
Actions (login required)
View Item |