Hendrian, Hendrian (2024) Hubungan pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa di MAN 2 Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031364_JUDUL__240522102125.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031364_BAB_I__240521011654.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031364_BAB_II__240521011654.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031364_BAB_III__240521011654.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031364_BAB_IV__240521011654.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031364_BAB_V__240521011654.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031364_DAFTAR_PUSTAKA__240521011654.pdf Download (189kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031364_LAMPIRAN__240521011654.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua menjadi salah satu faktor yang
membantu perkembangan kepribadian anak termasuk kedisiplinan diri dalam
belajar. Berkaitan dengan itu, disiplin belajar yang dimiliki oleh siswa dapat
terbentuk dari cara orang tua dalam mendidik anak. Oleh karena itu, orang tua perlu
selektif dalam cara mendidik anak agar anak memiliki disiplin belajar yang baik.
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang
tua dengan disiplin belajar siswa di MAN 2 Bantul.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian
kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI
MAN 2 Bantul dengan mengambil sampel sebesar 138 siswa dari total populasi
sebanyak 210 siswa kelas XI. Adapun penarikan sampel menggunakan teknik
cluster sampling, dan penentuan besarnya sampel perkelas menggunakan rumus
proportionate stratified random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini
adalah pola asuh orang tua (X), sedangkan variabel terikatnya adalah disiplin
belajar (Y). Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial berupa
analisis korelasi product moment dengan bantuan aplikasi SPSS 16 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar dikarenakan Ha
diterima pada angka kepercayaan 95% dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil
dari α 0,05 dan nilai R sebesar 0,496 yang artinya terdapat hubungan dengan
kategori sedang antara kedua variabel serta nilai R Square sebesar 0,246 artinya
variabel dependen “Disiplin Belajar” dapat dijelaskan oleh variabel independent
“Pola Asuh Orang Tua” sebesar 24,6% sedangkan 75,4% dijelaskan oleh faktor lain
yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Penerapan pola asuh yang baik dan benar
serta sesuai dengan kebutuhan anak akan memberikan dampak yang positif
terhadap perkembangan disiplin belajar anak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Hubungan, pola asuh orang tua, disiplin belajar, siswa, MAN 2 Bantul |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 May 2024 01:16 |
Last Modified: | 25 May 2024 01:16 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63660 |
Actions (login required)
View Item |