Triayuningtiyas, Alfika (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis scratch dalam Kurikulum Merdeka untuk materi persamaan garis lurus kelas VII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2015006029_JUDUL__240524051740.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2015006029_BAB_I__240524051740.pdf Download (774kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2015006029_BAB_II__240524051740.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2015006029_BAB_III__240524051740.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2015006029_BAB_IV__240524051740.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2015006029_BAB_V__240524051740.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2015006029_DAFTAR_PUSTAKA__240524051740.pdf Download (529kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2015006029_LAMPIRAN__240524051740.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan media pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka, untuk menunjang proses pembelajaran pada materi persamaan garis lurus yang dianggap sulit bagi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis scratch sesuai kurikulum merdeka pada materi persamaan garis lurus SMP kelas VIII, (2) Untuk menyusun media pembelajaran interaktif berbasis scratch yang valid dan praktis dalam proses pembelajaran kurikulum merdeka pada materi persamaan garis lurus untuk kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Godean.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Godean. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara pra penelitian, dan penyebaran angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket validasi ahli materi dan media, serta lembar angket respon siswa.. Uji validitas dilakukan oleh 2 validator ahli materi yaitu 2 Dosen Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan dan 2 validator ahli media yaitu 1 Dosen Pendidikan Matematika Universitas Ahmad dan 1 Guru mata pelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 2 Godean. Uji kepraktisan dilakukan secara dua tahap yaitu uji coba kelas kecil melibatkan 10 siswa dan uji coba kelas besar 35 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Godean. Teknis analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan persentase indeks penilaian dari ahli materi sebesar 95% yang memenuhi kategori sangat valid. Sedangkan persentase indeks penilaian dari ahli media sebesar 73% yang memenuhi kategori valid. Adapun kriteria kepraktisan media pembelajaran diperoleh dari hasil respon siswa terhadap uji coba kelas kecil dengan jumlah 10 siswa dan kelas besar sejumlah 35 siswa. Uji coba kelas kecil memperoleh rata-rata skor sebesar 87% yang memenuhi kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji coba kelas besar mendapatkan rata-rata skor sebesar 81% yang memenuhi kriteria sangat praktis. Sehingga media pembelajaran berbasis scratch yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kurikulum Merdeka, media pembelajaran, persamaan garis lurus, scartch |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 25 May 2024 03:55 |
Last Modified: | 25 May 2024 03:55 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63685 |
Actions (login required)
View Item |