Pahlevi, Muhammad Syafrizal (2024) Peran guru PAI dalam penguatan nilai-nilai pendidikan karakter islami peserta didik di SMP IT Ibnu Mas’ud Wates Kabupaten Kulon Progo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900331037_JUDUL__240527095201.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900331037_BAB_I__240525075140.pdf Download (444kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900331037_BAB_II__240522090843.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900331037_BAB_III__240522090843.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900331037_BAB_IV__240522090843.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900331037_BAB_V__240522090843.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900331037_DAFTAR_PUSTAKA__240522090843.pdf Download (414kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900331037_LAMPIRAN__240522090843.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yakni tentang adanya penurunan karakter Islami peserta didik di SMP IT Ibnu Mas’ud Wates Kulon Progo. Untuk dapat membentuk karakter Islami peserta didik agar lebih baik maka diperlukan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai orang tua selama di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji secara mendalam terkait (1) untuk mngetahui peran guru PAI dalam penguatan nilai-nilai karakter Islami peserta didik di SMP IT Ibnu Mas’ud; (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru PAI dalam penguatan nilai-nilai karakter Islami peserta didik SMP IT Ibnu Mas’ud Wates Kabupaten Kulon Progo; (3) untuk mengetahui solusi guru PAI dalam mengatasi hambatan penguatan karakter Islami peserta didik SMP IT Ibnu Mas’ud Wates Kabupaten Kulon Progo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 15 informan yang terdiri dari kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, 2 guru PAI dan 10 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data tersedia, kemudian dilakukan analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan langkah penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi karakter Islami peserta didik di SMP IT Ibnu Mas’ud memiliki karakter yang baik. Peran guru PAI dalam penguatan nilai-nilai karakter Islami peserta didik di SMP IT Ibnu Mas’ud yakni memberikan pembelajaran dan materi tentang PAI dengan ditanamkan sebuah pendidikan karakter, mengadakan kegiatan Bina Pribadi Islami yang dimana kegiatan tersebut berupa solusi dan motivasi bagi peserta didik. Untuk program penguatan nilai-nilai karakter Islami peserta didik SMP IT Ibnu Mas’ud berupa pengabdian santri. Untuk faktor pendukung dan penghambat peran guru PAI dalam penguatan karakter Islami peserta didik di SMP IT Ibnu Mas’ud yakni faktor pendukungnya (1) kesadaran peserta didik; (2) adanya sarana dan prasarana; (3) pengawasan program; (4) bersosialisasi. Sedangkan untuk faktor penghambat peran guru PAI yakni (1) tidak ada kesadaran individu; (2) terbatasnya sarana dan prasarana; (3) acuh tak acuh; (4) kurangnya evaluasi program.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peran guru, penguatan karakter islami, peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 May 2024 01:52 |
Last Modified: | 28 May 2024 01:52 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63725 |
Actions (login required)
View Item |