PUTRI, RISKA MUTIA NUR (2024) Peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an menggunakan metode talaqqi di SMP Muhammadiyah 1 Sleman Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031143_JUDUL__240527104413.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031143_BAB_I__240527122603.pdf Download (411kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031143_BAB_II__240527122008.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000031143_BAB_III__240527123922.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031143_BAB_IV__240527123922.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000031143_BAB_V__240527124237.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031143_DAFTAR_PUSTAKA__240527124237.pdf Download (179kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031143_LAMPIRAN__240527124834.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang tidak mentargetkan siswa kelas reguler untuk menghafal Al-Qur’an ketika mata pelajaran berlangsung dan guru hanya menjelaskan materi pelajaran saja sehingga siswa tidak mempunyai bekal hafalan dan tidak diterapkannya metode dalam menghafal Al-Qur’an sehingga siswa sulit dalam menghafal. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi dengan materi “Mari Menghafal Surat Al-Fajr Ayat 1-10” pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII E SMP Muhammadiyah 1 Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII E sebanyak 31 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dan sebelum pelaksanaan tindakan peneliti melakukan kegiatan pra siklus yang bertujuan untuk mengetahui kondisi siswa sebelum diterapkannya metode talaqqi yaitu metode dalam menghafal Al-Qur’an. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, penilaian unjuk kerja dan dokumentasi.
Hasil penelitian observasi peneliti pada siklus I memperoleh skor rata-rata 85,55 dengan kategori baik, kemudian siklus II mendapatkan skor rata-rata 87,00 dengan kategori baik dan terjadinya peningkatan pada siklus III dengan skor 98,88. Sementara skor observasi siswa pada siklus I memperoleh skor 76,66, kemudian siklus II mendapatkan skor 78,66 dengan kategori baik dan terjadinya peningkatan pada siklus III dengan skor 95,55 dengan kategori sangat baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talaqqi yang diterapkan dalam menghafal Al-Qur’an terjadinya peningkatan, pada pelaksanaan pra siklus rata-rata yang diperoleh 62,00 dengan presentase ketuntasan 23,33% kemudian adanya peningkatan kembali pada pelaksanaan siklus I dengan nilai rata-rata 73,66 dengan presentase ketuntasan 43.33 kemudian terjadi peningkatan kembali pada pelaksanaan siklus II dengan nilai rata-rata 78,66% dengan presentase ketuntasan 56,66% dan pada siklus terakhir yaitu siklus III dengan nilai rata-rata 85,51 dengan kategori baik dan dengan presentase ketuntasan 72,41 dengan kategori cukup baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peningkatan, menghafal Al-Qur’an, metode talaqqi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 May 2024 01:54 |
Last Modified: | 28 May 2024 01:54 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63727 |
Actions (login required)
View Item |