Jaysurrohman, Robit Azam (2024) Strategi pengurus ma’had tahfidzul Qur’an Imam Ibnu Katsir Pemalang untuk merealisasikan habituasi santri dalam menghafal Al-Qur’an. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800031162_JUDUL__240526053126.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800031162_BAB_I__240526053126.pdf Download (457kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800031162_BAB_II__240526053126.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800031162_BAB_III__240526053127.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800031162_BAB_IV__240526053127.pdf Restricted to Registered users only Download (888kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800031162_BAB_V__240526053127.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031162_DAFTAR_PUSTAKA__240526053127.pdf Download (407kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800031162_LAMPIRAN__240526053127.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah ma’had tahfdzul Qur’an sebagai institusi pendidikan islam di Indonesia yang memainkan peran krusial dalam menjaga serta merealisasikan pembiasaan santri dalam menghafal Al-Qur’an. Pengurus dalam hal ini juga sering dihadapakan pada berbagai tantangan yang mempengaruhi kelancaran kegiatan dalam habituasi santri dalam menghafal Al-Qur’an. Permasalahan tersebut diantaranya adalah faktor internal, yaitu: rasa malas pada santri dan kondisi fisik pada santri; faktor eksternal, yaitu: pengaruh teknologi dan pegaruh lingkungan yang dialami oleh para santri. Oleh sebab itu perlunya pengurus dalam hal ini untuk bisa menerapkan straegi yang tepat, agar santri dapat mebiasakan diri dalam menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar. Ada pun tujuan dari penelitian ini adalah tujuan dari penelitian ini adalah,1) Mengetahui bagaimana strategi pendidik dalam pelaksanaan program yang di terapkan dari di Ma'had Tahfidzul Qur'an Imam Ibnu Katsir Pemalang dalam mencetak generasi Qur'ani serta pengamalan atau implementasinya agar manjadi kebiasaan (Habituasi) melalui program tahfidzul Qur'an. 2) Mengetahui apa saja kendala dan solusi/motivasi yang di berikan kepada pendidik ketika dalam proses menghafal Al-Qur’an.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui, observasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan di di Ma'had Tahfidzul Qur'an Imam Ibnu Katsir Pemalang sudah efektif, dengan metode yang digunakan yaitu metode talaqqi, takrir, sama’I, murajaah, dan mudarrosah. Adapun problematika yang timbul yaitu timbulnya rasa malas, banyaknya hafalan, kondisi fisik yang kurang baik, pengaruh teknologi, sering melakukan perbuatan tercela yang menyebabkan terjadi hambatan dalam menghafal. Tetapi problematika tersebut dapat diselesaikan dengan baik seperti melawan rasa malas dengan motivasi, selalu menjaga Kesehatan, memperbanyak murajaah, seselalu melakukan perbuatan terpuji, memanfaatkan teknologi dengan baik dan mencari lingkungan yang nyaman untuk mempermudah dalam menghafal Qur’an.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi, pendidik, generasi, habituasi, program, tahfidz |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 May 2024 02:09 |
Last Modified: | 28 May 2024 02:09 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63732 |
Actions (login required)
View Item |