Sholihin, Abid (2024) Faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031270_JUDUL__240528013643.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031270_BAB_I__240528013643.pdf Download (315kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031270_BAB_II__240528013643.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000031270_BAB_III__240528013643.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031270_BAB_IV__240528013643.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000031270_BAB_V__240528013643.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031270_DAFTAR_PUSTAKA__240528013643.pdf Download (189kB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran terjadinya kurangnya efektivitas pembelajaran, salah satunya adalah pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta. 2) untuk mengetahui upaya dalam mengatasi faktor- faktor yang mempengaruhi kepuasan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomonologis yaitu peneliti memberikan pemahaman mendalam tentang pengalaman dan persepsi subjektif individu terhadap suatu fenomena terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, serta bagaimana upaya dalam mengatasi faktor- faktor yang mempengaruhi kepuasan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa, teknik dalam pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari hasil penelitian tersebut.
Hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP Negeri 9 Yogyakarta ini bahwa, faktor - faktor yang mempengaruhi pembelajaran pendidikan agama islam mulai dari faktor pendukung yaitu fasilitas pembelajaran yang lengkap, pengelolaan kelas yang baik, bantuan dan dukungan individual. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya efektif dalam pembelajaran, kurangnya motivasi, rasa malas, kesulitan dalam pembelaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi faktor- faktor yang mempengaruhi kepuasan pembelajaran yaitu peningkatan bakat terhadap siswa dalam pembelajaran berupa soal latihan, Memberikan motivasi, memberikaan pemahaman tentang variasi intelegensi di antara individu, memberikan pendekatan konseling bagi mempunyai masalah dalam keluarga, menyediakan pelatihan khusus yang disediakan oleh sekolah, memberikan pembelajaran berkelompok dalam lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pengaruh, kepuasan, siswa, pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 29 May 2024 08:14 |
Last Modified: | 29 May 2024 08:14 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63793 |
Actions (login required)
View Item |