Pemanfaatan media pembelajaran teka-teki silang dalam mata pelajaran PPKN di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta

Anggraini, Rika (2024) Pemanfaatan media pembelajaran teka-teki silang dalam mata pelajaran PPKN di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000009020_JUDUL__240530113148.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000009020_BAB_I__240530113148.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000009020_BAB_II__240530113148.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000009020_BAB_III__240530113148.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000009020_BAB_IV__240530113148.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000009020_BAB_V__240530113148.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000009020_DAFTAR_PUSTAKA__240530113148.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000009020_LAMPIRAN__240530113148.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000009020_NASKAH_PUBLIKASI__240530113148.pdf

Download (371kB)

Abstract

Mata pelajaran PPKn merupakan mata pelajaran yang memuat disiplin ilmu sosial. Maka dari itu guru mata pelajaran PPKn mempunyai tantangan tersendiri dalam proses penyampaian materi dan mencapai tujuan pembelajaran. Tantangan atau permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran PPKn yaitu kurangnya motivasi dan partisipasi peserta didik. Hal tersebut disebabkan karena guru PPKn menggunakan media power point dalam pembelajaran kurang efektif. Dengan adanya pemanfaatan media teka-teki silang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi belajar peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan perencanaan media teka-teki silang, mengetahui penerapan media teka-teki silang dan mengetahui pandangan peserta didik terhadap media teka-teki silang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah guru PPKn dan Peserta didik kelas XI pada proses pembelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Objek penelitian ini yaitu pemanfaatan media pembelajaran teka-teki silang dalam mata pelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan penggumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian pemanfaatan media pembelajaran teka-teki silang dalam mata pelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta sebagai berikut : (1) Proses perencanaan pembelajaran dengan memanfaatkan media teka-teki silang dalam mata pelajaran PPKn diawali dengan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat media pembelajaran berbentuk teka-teki silang dan menyiapkan buku cetak. (2) Penerapan media teka-teki silang dilakukan dikegiatan inti pembelajaran, yang diawali dengan guru menyampaikan garis besar cakupan materi, selanjutnya peserta didik mempelajari materi, berikutnya peserta didik diberi petunjuk pengerjaan teka-teki silang dan peserta didik mengerjakan teka-teki silang. (3) Pandangan peserta didik terhadap media teka-teki silang dalam pembelajaran PPKn cenderung positif, dengan adanya media teka-teki silang pembelajaran berlangsung lebih aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, lebih fokus, tidak membosankan, mudah memahami materi, meningkatkan semangat belajar atau partisipasi peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Pembelajaran PPKn dengan memanfaatkan media teka-teki silang sudah dilakukan secara optimal sesuai dengan RPP yang telah disusun dan dengan adanya pemanfaatan media teka-teki silang dalam pembelajaran PPKn mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Media, pembelajaran, teka-teki silang, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 30 May 2024 09:06
Last Modified: 30 May 2024 09:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63830

Actions (login required)

View Item View Item