Rinaldi, Riyan Dimas (2024) Strategi guru fikih dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka SMP Muhammadiyah Imogiri. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031388_JUDUL__240530111002.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031388_BAB_I__240530111002.pdf Download (400kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031388_BAB_II__240530111002.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031388_BAB_III__240530111002.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031388_BAB_IV__240530111002.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031388_BAB_V__240530111002.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031388_DAFTAR_PUSTAKA__240530111002.pdf Download (184kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031388_LAMPIRAN__240530111002.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi terkait dengan kebijakan perubahan kurikulum, Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenbudristek) Nadiem Makarim menyempurnakan kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013 yang telah direvisi, dengan kurikulum merdeka. Dalam kurikulum merdeka, mengenal karakter dan kebutuhan unik setiap siswa dapat mendukung dan memberikan peluang pembelajaran yang disesuaikan dengan minat siswa. Pembelajaran berdiferensiasi adalah upaya untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas agar memenuhi kebutuhan belajar individu setiap siswa. Namun, dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks kurikulum merdeka, masih terdapat tantangan yang beragam. Salah satu hambatan utamanya adalah kurangnya pengalaman dalam memberikan kebebasan belajar serta keterbatasan kemampuan teknologi bagi para guru.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan
Melalui hasil penelitian ini dapat disimpulkan: Pertama, strategi guru dalam pembelejaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Fikih di SMP Muhammadiyah Imogiri strategi tersebut antara lain, melakukan pendekatan kepada siswa untuk memahami gaya belajar siswa, guru mengimplementasikan pendekatan kontekstual, metode jigsaw, pembelajaran dalam kelompok, dan strategi lainnya agar siswa dapat belajar dengan lebih menyenangkan dan efektif. Kedua, ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam proses melaksanakan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Fikih, Faktor pendukung dalam melaksanakan strategi guru dalam pembelajaran berdiferensiasi antara lain sekolah berupaya untuk mengadakan sarana dan prasarana yang memadahi serta diadakannya kegiatan workshop sehingga membantu guru dalam merencanakan metode pembelajaran, selain itu terdapat faktor dari siswa yang mendukung suasana kelas dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat antara lain; Perbedaan karakter siswa dalam proses memahami materi, guru yang perlu beradaptasi dalam menghadapi watak siswa yang berbeda-beda serta beradaptasi dengan pelaksanaan kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kurikulum, pembelajaran berdiferensiasi, strategi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 01:29 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 01:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63846 |
Actions (login required)
View Item |