Defitri, Anjeng Pratiwi (2024) Pola komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja pegawai Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000030015_JUDUL__240602102102.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000030015_BAB_I__240602102102.pdf Download (697kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000030015_BAB_II__240602102102.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000030015_BAB_III__240602102102.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000030015_BAB_IV__240602102102.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000030015_DAFTAR_PUSTAKA__240602102102.pdf Download (335kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000030015_LAMPIRAN__240602102102.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000030015_NASKAH_PUBLIKASI__240602102102.pdf Download (783kB) |
Abstract
Komunikasi merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan. Kegiatan komunikasi meliputi menyampaikan dan menerima informasi, ide , gagasan, maupun feedback. Dalam sebuah organisasi komunikasi berperan untuk menyatukan hubungan kepentingan seluruh anggota untuk mencapai suatu tujuan bersama. Komunikasi merupakan “nyawa” sebuah organisasi. Maka dari itu pola komunikasi yang terbentuk pada sebuah organisasi menjadi eksistensi organisasi itu sendiri. Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kota Yogyakarta (Diskominfosan) mengalami peningkatkan kinerja dalam tiga tahun terakhir dan masih mengupayakan permasalahan yang mereka dapatkan pada pencapaikan kinerja di tahun 2023. Penelitian ini berfokus pada bagaimana pola komunikasi yang terjadi di Diskominfosan Kota Yogyakarta dalam mengoptimalisasi kinerja dan mengupayakan permasalahan yang terjadi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara merupakan strategi awal untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta yaitu pola komunikasi roda, pola komunikasi lingkaran dan pola komunikasi semua saluran. Adapun arus komunikasi yang digunakan yakni komunikasi dari atas ke bawah terjadi misalnya dalam mengintruksi pelaksanaan perintah pekerjaan dan memberikan motivasi. Komunikasi dari bawah ke atas berupa ide atau masukan dari pegawai. Komunikasi horizontal berupa rapat kerja dan kolaborasi antar bidang. Kemudian terdapat empat pendekatan yang dilakukan yakni pendekatan ilmiah, pendekatan hubungan antarmanusia, pendekatan sisten dan pendekatan kultural. Adapun faktor pendukung komunikasi organisasi Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta seperti alat komunikasi yang mendukung, memahami situasi dan kondisi, keterbukaan, fasilitas, motivasi dan apresiasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, kinerja, organisasi, pola komunikasi |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisi / Prodi: | Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 05:42 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 05:42 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63888 |
Actions (login required)
View Item |