Strategi kepala madrasah dalam menguatkan pengamalan beragama siswa MI Muhammadiyah Kenteng di tengah masyarakat multi religi melalui habituasi

Sari, Dwi Nur Indah (2024) Strategi kepala madrasah dalam menguatkan pengamalan beragama siswa MI Muhammadiyah Kenteng di tengah masyarakat multi religi melalui habituasi. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000331024_JUDUL__240603094215.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000331024_BAB_I__240529101449.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000331024_BAB_II__240529101449.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000331024_BAB_III__240529101449.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000331024_BAB_IV__240529101449.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000331024_BAB_V__240529101449.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000331024_DAFTAR_PUSTAKA__240529101449.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000331024_LAMPIRAN__240529101449.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya madrasah yang terletak di tengah masyarakat multi religi. Sehingga dahulu banyak umat muslim yang terpengaruh dengan keyakinan agama non muslim. Berdirinya MI Muhammadiyah Kenteng menjadi penguat masyarakat muslim di sana. Melihat permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam menguatkan pengamalan beragama pada siswa yang berada di tengah masyarakat multi religi melalui habituasi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer bersumber dari kepala madrasah, 2 guru ISMUBA, dan 4 perwakilan siswa kelas V dan III. Adapun sumber data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan ialah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan ialah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, serta uji keabasahan data.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi kepala madrasah dalam menguatkan pengamalan beragama siswa MI Muhammadiyah Kenteng di tengah masyarakat multi religi melalui habituasi yakni dengan mengadakan program-program keagamaan yang bersifat rutin. Seperti pembiasaan 1.) tadarus Al-Qur’an, 2.) mengaji iqro’, 3.) shalat dhuha berjamaah, 4.) shalat dhuhur berjamaah, 5.) shalat ashar berjamaah, 6.) hafalan Asmaul Husna, 7.) dzikir setelah shalat, 8.) infaq rutin, dan 9.) pengajian rutin. Faktor pendukungnya yakni kerja sama guru dan karyawan dalam pelaksanaan program madrasah, sarana dan prasarana yang memadai, serta dukungan dari masyarakat. Faktor penghambatnya ialah kelalaian guru dan karyawan terhadap tupoksinya, masyarakat sekitar yang tidak mendukung program madrasah, dan keuangan yang masih kurang. Adapun solusinya yakni bersilaturahmi dengan masyarakat dan menggandeng tokoh masyarakat untuk bekerjasama dalam kemajuan madrasah, serta mengembangkan usaha madrasah.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Habituasi, kepala madrasah, masyarakat multi religi, pengamalan beragama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 Jun 2024 09:10
Last Modified: 03 Jun 2024 09:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63893

Actions (login required)

View Item View Item