Widodo, Tri (2024) Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Kaibon. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005244_JUDUL__240604070649.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005244_BAB_I__240604070649.pdf Download (218kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005244_BAB_II__240604070649.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005244_BAB_III__240604070649.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005244_BAB_IV__240604070649.pdf Restricted to Registered users only Download (783kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005244_BAB_V__240604070649.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005244_DAFTAR_PUSTAKA__240604070649.pdf Download (220kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005244_LAMPIRAN__240604070650.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005244_NASKAH_PUBLIKASI__240604070650.pdf Download (400kB) |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada guru dapat menyebabkan keaktifan yang rendah, karena siswa tidak terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran serta hal tersebut dapat berdampak pada perolehan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Kaibon.
Desain penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kaibon yang berjumlah 32 siswa dengan rincian 15 siswa laki—lai dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah ketercapain keaktifan siswa minimal 70% dan perolehan rata-rata kelas minimal 75 dengan ketuntasan belajar siswa minimal 75%.
Hasil penelitian ini bahwa pendekatan berdiferensiasi mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut bahwa siklus I menunjukan presentase keaktifan sebesar 63% dan ketuntasan hasil belajar 75% dengan rata-rata 78,43. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali dengan menunjukan presentase keaktifan 81% dan ketuntasan hasil belajar 91% dengan rata-rata 81,3.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan pendekatan pembelajaran beridferensiasi mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Kaibon.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Meningkatkan, keaktifan belajar, hasil belajar, pendekatan berdiferensiasi, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 06:54 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 06:54 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64018 |
Actions (login required)
View Item |