Kusuma, Bayu Candra (2024) Implementasi mind mapping dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SD Negeri Medari. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031319_JUDUL__240611111959.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031319_BAB_I__240604093028.pdf Download (291kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031319_BAB_II__240604093028.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031319_BAB_III__240604093028.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031319_BAB_IV__240604093028.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031319_BAB_V__240611111959.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031319_DAFTAR_PUSTAKA__240611111959.pdf Download (206kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031319_LAMPIRAN__240604093028.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
IMPLEMENTASI MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI MEDARI NGADIREJO TEMANGGUNG
Bayu Candra Kusuma
1900031319
Pendidikan Agama Islam
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam merupakan proses bimbingan kepada manusia yang mencakup jasmani dan rohani, yang berdasarkan pada ajaran dan Agama Islam agar terbentuk kepribadian yang sesuai dengan aturan Islam dalam kehidupannya. Maka pembelajaran pada SD N Medari menerapakan metode mind mapping. Hal tersebut diperuntukkan guna mengetahui metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sekaligus mendeskripsikan dalam mata pelajaran dan faktor pendukung juga faktor penghambat. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, interpretasinya terhadap penerapan mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan proses pembelajaran tidak efektif tanpa adanya ineteraksi guru dengan siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berjenis studi lapangan. Adapaun sumber data yang digunakan berupa hasil wawancara dan observasi terhadap sampel data yang dipilih, yaitu meliputi guru mata Pelajaran PAI, Kepala Sekolah, dan siswa. Data yang terhimpun dianalisi dengan Teknik deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan metode mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui proses reduksi dan penyajian data dengan menggunakan analisis deskriptif
Hasil penelitian implementasi mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Medari menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep agama Islam, memperkuat koneksi antar konsep, meningkatkan daya ingat siswa, serta meningkatkan minat belajar dan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Faktor pendukung penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran PAI meliputi dukungan guru, fasilitas yang memadai, dan motivasi siswa. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi peserta didik yang tidak terbiasa, kurangnya minat siswa, serta sulitnya mengingat point-point sekunder.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Mind mapping, implementasi, pendidikan agama islam, SDN Medari |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 02:18 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 02:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64092 |
Actions (login required)
View Item |