Implementasi metode tasmi’ pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Qur’an Imam Asy Syafi’i Kulon Progo tahun pelajaran 2023/2024

Anshori, Aries Anang (2024) Implementasi metode tasmi’ pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Qur’an Imam Asy Syafi’i Kulon Progo tahun pelajaran 2023/2024. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000331006_JUDUL__240611074229.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000331006_BAB_I__240610013012.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000331006_BAB_II__240610013012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000331006_BAB_III__240610013012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000331006_BAB_IV__240610013012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000331006_BAB_V__240610013012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000331006_DAFTAR_PUSTAKA__240610013012.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000331006_LAMPIRAN__240610013013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy

Abstract

Tahfidz Al-Qur’an merupakan suatu amalan yang sangat mulia dan sangat dicintai oleh Allah, karena begitu besarnya pahala yang dijanjikan oleh-Nya. Namun menghafal Al-Quran butuh perjuangan dan kesabaran, banyak sekali rintangan dan hambatan yang dialami seseorang ketika menghafalkan Al-Qur’an, sehingga dibutuhkan sebuah metode dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaiamana implementasi metode tasmi’ pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Qur’an Imam Asy Syafi’i Kulon Progo pada tahun pelajaran 2023/2024 serta faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan, penelitian lapangan ini mengadakan penelitian secara langsung tentang suatu fakta yang terjadi. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi tekhnik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode tasmi’ pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Qur’an Imam Asy Syafi’i Kulon Progo terbagi menjadi tiga yaitu pertama, tasmi’ pekanan oleh masing-masing santri sebanyak setengah juz yang berfungsi untuk mengevaluasi kelancaran muroja’ah hafalan santri, kedua, tasmi’ kenaikan juz setiap selesai menghafal satu juz yang berfungsi menguji kelayakan santri untuk melanjutkan hafalan di juz berikutnya, dan ketiga, tasmi’ kenaikan tingkat setiap kelipatan lima juz yang berfungsi untuk meguji kekuatan hafalan santri dan memudahkan ketika tasmi’ 30 juz sekali majelis. Adapun faktor pendukungnya yaitu hadirnya para Ustadz/Ustadzah yang mumpuni, waktu yang maksimal dalam pembelajaran tahfidz, tilawah berjamaah, kerja sama yang baik antara orang tua dengan pondok, kesungguhan para pengampu dalam mendampingi santri, dan motivasi atau nasehat serta do’a dari orang tua dan guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sekolah santri yang masih di luar pondok pesantren, rasa malas dan kantuk yang tidak bisa dilawan, teman yang kurang mendukung, dan kurangnya kerjasama antara orang tua dengan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Implementasi, metode tasmi’, tahfidz Al-Qur’an
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:09
Last Modified: 19 Jul 2024 06:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64179

Actions (login required)

View Item View Item