Ramadhita, Aliya (2024) Kesiapan SD Muhammadiyah Pakem menuju satuan pendidikan aman bencana (SPAB). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005041_JUDUL__240611063844.pdf Download (956kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005041_BAB_I__240611114558.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005041_BAB_II__240611114558.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005041_BAB_III__240611114559.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005041_BAB_IV__240611114559.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005041_BAB_V__240611114559.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005041_DAFTAR_PUSTAKA__240611114559.pdf Download (209kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005041_LAMPIRAN__240611114559.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005041_NASKAH_PUBLIKASI__240611114559.pdf Download (289kB) |
Abstract
SD Muhammadiyah Pakem merupakan salah satu sekolah dasar yang berada pada wilayah dalam zona ancaman erupsi Gunung Api Merapi tepatnya di Jalan Kaliurang Km 17,5 Tegalsari, Pakembinangun, Pakem, Sleman Yogyakarta. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesiapan SD Muhammadiyah Pakem menuju Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB); (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam kesiapan SD Muhammadiyah Pakem menuju Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan seperti observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan menggunakan keabsahan data dengan tahap triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan SD Muhammadiyah Pakem menuju Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) memiliki faktor pendukung dan penghambat. Pada pelaksanaannya SD Muhammadiyah Pakem hampir memenuhi seluruh indikator kesiapan program SPAB, pada setiap indikator melibatkan seluruh warga sekolah. Faktor pendukung seperti adanya kerjasama yang baik pihak sekolah mulai dari pimpinan sekolah, guru, staf sekolah, dan siswa. Tim siaga bencana yang terlatih dan menjalankan tugas serta tanggung jawab yang jelas. Sarana dan prasarana memadai, seperti titik kumpul, jalur evakuasi, obat-obatan, alat pelatiham dan lain-lain. Adanya pelatihan saat ekstrakulikuler Hisbul Wathan. Sekolah menjalin kerjasana pihak luar, seperti BPBD, MDMC, dukungan orang tua dan masyarakat sekitar serta pihak non-islam membantu pelatihan kebencanaan. Sedangkan faktor penghambat dari kurangnya dana pihak UAD dan MDMC. Kurangnya koordianasi sekolah dengan pihak luar. Kurangnya kesadaran warga sekolah dalam mengikuti program SPAB. Fasilitas jalur evakuasi dan titik kumpul yang hilang, poster bencana hanya di kelas 3. Saat terjadi bencana maka siswa mengungsi namun orang tua belum mengikut sertakan anak ke sekolah sementara yang ada di daerah pengungsian sehingga anak mengalami ketertinggalan dan kesulitan belajar. Keterbaruan penelitain ini yaitu mendeskripsikan bagaimana kesiapan sekolah menuju satuan pendidikan aman bencana (SPAB) dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat kesiapan sekolah menuju satuan pendidikan aman bencana (SPAB).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kesiapan, SPAB, sekolah dasar SD Muhammadiyah Pakem |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 01:04 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 01:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64187 |
Actions (login required)
View Item |