Pengaruh metode A MA BA terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tunarungu di Yayasan Pendidikan Islam Nur ‘Aini, Banguntapan, Bantul

Vikasari, Diniati Putri (2024) Pengaruh metode A MA BA terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tunarungu di Yayasan Pendidikan Islam Nur ‘Aini, Banguntapan, Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2011031149_JUDUL__240612065248.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2011031149_BAB_I__240612065248.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2011031149_BAB_II__240612065249.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2011031149_BAB_III__240612065249.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2011031149_BAB_IV__240612065249.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2011031149_BAB_V__240612065249.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2011031149_DAFTAR_PUSTAKA__240612065249.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2011031149_LAMPIRAN__240612065249.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2011031149_NASKAH_PUBLIKASI__240612065249.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang pada permasalahan penelitian ini yaitu, penyandang tunarungu memerlukan metode yang berbeda untuk belajar membaca Al-Qur’an. Sementara itu, metode pembelajaran Al-Qur’an bagi siswa tunarungu yang berkembang di masyarakat masih sangat sedikit. Berdasarkan hal tersebut peneliti bermaksud melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode A MA BA terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tunarungu di Yayasan Pendidikan Islam Nur ‘Aini, Banguntapan, Bantul, dan mengetahui seberapa besar pengaruhnya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Pendidikan Islam Nur ‘Aini, Banguntapan, Bantul, yang berfokus pada siswa tunarungu dengan populasi sebanyak 28 siswa. Penelitian ini menggunakan keseluruhan populasi sebagai responden penelitian. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah metode A MA BA dan variabel terikat (Y) adalah kemampuan membaca Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas, uji korelasi product moment, dan analisis regresi linear sederhana dengan alat bantu aplikasi IBM Statistik SPSS 26.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode A MA BA terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tunarungu di Yayasan Pendidikan Islam Nur ‘Aini, Banguntapan, Bantul dikarenakan Ha diterima pada angka kepercayaan 95% dengan nilai signifikansi 0,00 lebih kecil dari α 0,05. Kedua, besaran pengaruh metode A MA BA terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tunarungu di Yayasan Pendidikan Islam Nur ‘Aini, Banguntapan, Bantul yaitu sebesar 69,2% dengan nilai R Square 0,692. Adapun tingkat hubungan dua variabel tersebut menunjukkan bahwa metode A MA BA memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tunarungu dengan nilai R 0,832. Artinya, semakin baik tingkat implementasi metode A MA BA, maka semakin meningkat pula kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tunarungu di Yayasan Pendidikan Islam Nur ‘Aini, Banguntapan, Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kemampuan membaca Al-Qur’an, metode A MA BA, tunarungu
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:35
Last Modified: 19 Jun 2024 02:35
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64210

Actions (login required)

View Item View Item