Romadhon, Yusup Rahmad (2024) Implementasi profil pelajar pancasila dimensi religius di kelas V SD Muhammadiyah Sagan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005174_JUDUL__240613105422.pdf Download (897kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005174_BAB_I__240613105422.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005174_BAB_II__240613105422.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005174_BAB_III__240613105422.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005174_BAB_IV__240613105422.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005174_BAB_V__240613105422.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005174_DAFTAR_PUSTAKA__240613105422.pdf Download (208kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005174_LAMPIRAN__240613105422.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005174_NASKAH_PUBLIKASI__240613105422.pdf Download (356kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemerosotan moral karena belum maksimalnya karakter religius siswa. Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Religius di Kelas V SD Muhammadiyah Sagan dilakukan sebagai upaya dalam membentuk karakter religius siswa baik melalui penerapan Profil Pelajar Pancasila dimensi religius di kelas V SD Muhammadiyah Sagan. SD Muhammadiyah Sagan merupakan sekolah yang memiliki kebijakan berbagai kegiatan keagamaan sekolah yang mengkaitkan nilai religius di dalam kehidupan sehari-hari terutama di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi, upaya guru, faktor pendukung serta penghambat dari Implementasi Profil Pelajar Pancasila dimensi religius di kelas V SD Muhammadiyah Sagan.
Jenis penelitian berupa kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas V dan siswa kelas V. Pengumpulan data yang melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model dari Miles dan Huberman diantaranya reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Religius di Kelas V SD Muhammadiyah Sagan terdiri dari perencanaan antara lain membuat jadwal pertemuan atau sosialisasi dengan guru, orang tua dan siswa, pelaksanaan antara lain senyum, sapa, salam, sopan, santun (5S), Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ), berdoa sebelum memulai pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, sholat dhuha berjamaah, sholat dzuhur berjamaah, kegiatan jum’at berbagi dan evaluasi antara lain setiap hari jum’at mengadakan pertemuan guru untuk membahasa mengenai pembelajaran dan penerapan Profil Pelajar Pancasila dimensi religius kemudian apa saja kelemahan dan kelebihan Profil Pelajar Pancasila dimensi religius di kelas V SD Muhammadiyah Sagan. Faktor pendukungnya dapat terlihat dari tempat beribadah, program dan kebijakan religus sekolah, peran guru, peran orang tua, peran siswa serta kerja sama warga sekolah, sedangkan faktor yang menghambatnya, siswa melanggar peraturan sekolah, kelalaian guru untuk mengingatkan siswanya dan orang tua yang tidak mensupport anaknya ketika dirumah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Profil pelajar pancasila, karakter religius, siswa kelas V SD Muhammadiyah Sagan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 02:43 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 02:43 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64225 |
Actions (login required)
View Item |