Hidayat, Muh Fiqran (2024) Peran guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kecanduan game online di MAN 1 Bantul Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031234_JUDUL__240612070452.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031234_BAB_I__240612070452.pdf Download (200kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031234_BAB_II__240612070452.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031234_BAB_III__240612070452.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031234_BAB_IV__240612070452.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031234_BAB_V__240612070452.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031234_DAFTAR_PUSTAKA__240612070452.pdf Download (165kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031234_LAMPIRAN__240612070452.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan pada penenelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang meliputi perkembangan dan evolusi teknologi dari masa ke masa termasuk game online sebagai salah satu produk teknologi yang marak digunakan oleh benyak kalangan termasuk remaja tidak terkecuali para pelajar yang memainkan secara berkala hingga berlebihan. Hal ini berdampak pada kegiatan belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan, (1) untuk mengetahui apa yang melatarbelakangi siswa sehingga mengalami kecanduan game online, (2) untuk mengetahuai peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kecanduan game online, (3) untuk mengetahui kendala dan hambatan dalam mengatasi kecanduan game online.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif. penelitian ini dilakukan di MAN 1 Bantul Yogyakarta dengan menggunakan teknik penelitian seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) yang melatarbelakangi siswa sehingga mengalamai kecanduan game online yaitu: berawal dari melihat teman yang bermain game online akhirnya timbul ketertarikan untuk memainkan game tersebut, dan didukung oleh fitur yang menarik dalam game itu sendiri. (2) peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatsi kecanduan game online yaitu: guru berperan aktif sebagai pembimbing dalam menghadapi kemajuan teknologi serta membimbing siswa dalam menggunakan teknologi secara bijak, serta menjadi contoh dalam menggunakan teknologi dan memberikan penjelasan setiap informasi mengenai bahaya game online ketika dimainkan secara berlebihan. (3) kendala dan hambatan dalam mengatsi kecanduan game online yaitu: lingkungan yang tidak terkontrol dan tidak terbatasnya ruang digital yang sangat mudah di akses menggunakan internet.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peran guru, kecanduan, game online |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 02:42 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 02:42 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64230 |
Actions (login required)
View Item |