Analisis pengaruh keamanan dan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah pengguna BSI Mobile pasca peristiwa cyber crime (studi pada nasabah BSI Mobile Dearah Istimewa Yogyakarta)

Paula, Putri (2024) Analisis pengaruh keamanan dan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah pengguna BSI Mobile pasca peristiwa cyber crime (studi pada nasabah BSI Mobile Dearah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000032017_JUDUL__240615095858.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000032017_BAB_I__240613120908.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000032017_BAB_II__240613120908.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000032017_BAB_III__240613120908.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000032017_BAB_IV__240613120908.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000032017_BAB_V__240613120908.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000032017_DAFTAR_PUSTAKA__240613120908.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000032017_LAMPIRAN__240613120908.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy

Abstract

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) sempat mengalami layanan eror sehingga nasabah tidak dapat melakukan transaksi dengan BSI Mobile, mesin ATM, dan teller di kantor cabang bank. Hal ini diakibatkan adanya serangan ransomware sehingga nasabah tidak dapat mengakses seluruh layanan pada BSI. Serangan ini tidak hanya menimbulkan kekhawatiran bagi nasabah, tetapi juga menimbulkan kerugian baik finansial maupun reputasi bagi bank. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keamanan dan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah BSI Mobile khususya pasca peristiwa cyber crime.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah nasabah BSI Mobile Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan sampel sebanyak 100 orang. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 27.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keamanan dan kualitas layanan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah BSI Mobile pasca peristiwa cyber crime. Temuan ini menegaskan bahwa upaya untuk meningkatkan keamanan dan kualitas layanan dapat membantu memperkuat loyalitas nasabah. Hal ini menandakan bahwa nasabah cenderung tetap menggunakan layanan BSI Mobile meskipun terjadi insiden kejahatan cyber, asalkan keamanan dan kualitas layanan terjamin. Dengan demikian, fokus pada peningkatan keamanan dan kualitas layanan dapat menjadi strategi yang efektif bagi BSI untuk mempertahankan kepercayaan dan loyalitas nasabahnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Keamanan, kualitas layanan, loyalitas nasabah, cyber crime
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-islamic banking(perbankan syariah)
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 22 Jun 2024 02:14
Last Modified: 22 Jun 2024 02:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64316

Actions (login required)

View Item View Item