Hubungan intensitas membaca Al-Qur'an dengan kecerdasan emosional mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan

Radiyah, Dwi Putri M. (2024) Hubungan intensitas membaca Al-Qur'an dengan kecerdasan emosional mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000031101_JUDUL__240615103922.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000031101_BAB_I__240615103922.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000031101_BAB_II__240615103922.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000031101_BAB_III__240615103922.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000031101_BAB_IV__240615103922.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000031101_BAB_V__240615103922.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031101_DAFTAR_PUSTAKA__240615103922.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000031101_LAMPIRAN__240615103922.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Membaca Al-Qur'an merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kecerdasan emosional. Saat individu memiliki kemampuan kecerdasan emosional yang baik, mereka dapat mengenali serta menanggapi emosi orang lain dengan tepat yang dibuktikan dengan terjalinnya hubungan yang seimbang dan harmonis. Namun, permasalahan yang sering muncul dalam kecerdasan emosional yaitu kurangnya toleransi terhadap perbedaan pandangan, dan keterbatasan dalam berempati menjadi masalah yang umum. Pada pelaksanaan membaca Al-Qur’an terdapat beberapa permasalahan yaitu kesibukan organisasi, padatnya tugas perkuliahan, serta padatnya event kepanitiaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara intensitas membaca Al-Qur’an dengan kecerdasan emosional mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 104 mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan angkatan 2021. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu intensitas membaca Al-Qur’an (X) serta variabel terikat yaitu kecerdasan emosional (Y). Peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis korelasi dengan bantuan berupa aplikasi SPSS 25 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas membaca Al-Qur’an dengan kecerdasan emosional mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan angkatan 2021 yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 yang mana lebih kecil dari α 0,05 kemudian nilai R sebesar 0,625 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara kedua variabel serta nilai R square sebesar 0,391 yang berarti variabel dependen “Kecerdasan Emosional” dapat dijelaskan oleh variabel independe “Intensitas Membaca Al-Qur’an” sebesar 39,1%. Sementara itu, 60,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Membaca Al-Qur’an yang dilakukan secara intens akan memberikan yang dampak positif terhadap ketenangan hati termasuk kecerdasan emosionalnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: intensitas, membaca al-qur'an, kecerdasan emosional, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > Faculty of Law (FH) Doc
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 21 Jun 2024 06:23
Last Modified: 21 Jun 2024 06:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64322

Actions (login required)

View Item View Item