Perbaikan proses bisnis pada layanan PPDB di MA Muhammadiyah Pabos menggunakan metode Business Process Improvement (BPI)

Mahmud, Badliah (2024) Perbaikan proses bisnis pada layanan PPDB di MA Muhammadiyah Pabos menggunakan metode Business Process Improvement (BPI). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800016039_JUDUL__240619083945.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800016039_BAB_I__240619083945.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800016039_BAB_II__240619083945.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800016039_BAB_III__240619083945.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800016039_BAB_IV__240619083945.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800016039_BAB_V__240619083945.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800016039_DAFTAR_PUSTAKA__240619083945.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800016039_LAMPIRAN__240619083945.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

PPDB (Penerima Peserta Didik Baru) adalah agenda tahunan untuk menerima peserta didik baru di berbagai jenjang sekolah. Sebagai langkah awal dalam proses pembelajaran PPDB harus dilakukan dengan baik. Namun dalam proses bisnis pelayanan PPDB di MA Muhammadiyah Pabos masih dirasa kurang efisien. Hal ini karena aktivitas yang berjalan pada proses bisnis layanan PPDB MA Muhammadiyah Pabos pendaftran yang masih dilakukan secara luring. Untuk meminimalisir masalah tersebut diperlukan proses bisnis yang mengatur atau membakukan aktivitas dalam layanan PPDB.
Perbaikan proses bisnis dilakukan menggunakan tools streamlining dari Business Process Improvement (BPI). Untuk mengetahui akar permasalah menggunakan Root Cause Analysis (RCA) dengan teknik Fishbone diagram. Pemodalan proses bisnis menggunakan BPMN. Selanjutnya untuk mengetahui perbandingan antara proses bisnis saat ini (as-is) dan rekomendasi dilakukan simulasi menggunakan simulasi time analysis dan resource analysis dari software Bizagi Modeler.
Hasil dari simulasi yang dilakukan pada kedua proses bisnis saat ini (as-is) dan rekomendasi dilakukan simulasi time analysis. Hasil yang didapatkan yaitu terjadi penghematan waktu minimum 1 hari 2 jam 9 menit 30 detik dengan persentasi peningkatan 34.80%, waktu maksimum 2 hari 3 jam 23 menit 50 detik dengan persentasi peningkatan 50.80%, dan waktu rata-rata 2 hari 17 jam 39 menit 16 detik dengan persentasi peningkatan 71.43%. Sedangkan untuk simulasi resource analysis terjadi efisiensi suber daya manusia pada panitia PPDB sebesar 23.87%.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: BPI, BPMN, RCA, proses bisnis MA Muhammadiyah Pabos, bizagi modeler
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:08
Last Modified: 25 Jul 2024 08:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64385

Actions (login required)

View Item View Item