Melati, Cesaria Putri (2024) Perbandingan academic hardiness mahasiswa dari suku Jawa dan Sunda di Prodi bimbingan dan konseling UAD angkatan 2020. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001018_JUDUL__240619010920.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001018_BAB_I__240619010920.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001018_BAB_II__240619010920.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001018_BAB_III__240619010920.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001018_BAB_IV__240619010920.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001018_BAB_V__240619010920.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001018_DAFTAR_PUSTAKA__240619010920.pdf Download (182kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001018_LAMPIRAN__240619010920.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa akhir yang mengalami stres belajar atas kurangnya tahan banting terhadap belajar di perguruan tinggi. Setiap individu tentunya memiliki kemampuan dalam menentukan tingkat academic hardiness yang berbeda-beda. Academic hardiness memiliki tiga aspek yaitu control, commitment, dan challenge. Ketiga aspek tersebut digunakan untuk menjadi acuan dalam menentukan tingkat academic hardiness mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan academic hardiness yang dimiliki oleh mahasiswa bimbingan konseling dari suku Jawa dan suku Sunda Angkatan 2020 di Universitas Ahmad Dahlan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan Teknik komparasi (perbandingan). Populasi pada penelitian ini yaitu berjumlah 131 mahasiswa. Untuk menentukan sampel peneliti menggunakan teknik random sampling. Terdapat 64 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala academic hardiness untuk pengambilan data. Sedangkan untuk analisis data, peneliti menggunakan uji mann-whitney.
Berdasarkan dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa nilai sig. sebesar 0,737 (>0,05), maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak ada perbedaan skor data kelompok Sunda dan kelompok Jawa sehingga dapat disimpulkan bahwa “Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara academic hardiness mahasiswa bimbingan dan konseling dari Suku Jawa dengan mahasiswa Suku Sunda angkatan 2020 di Universitas Ahmad Dahlan. Dengan adanya penelitian mengenai academic hardiness ini dapat memberikan motivasi atau gambaran kepada guru bk untuk memberikan edukasi pada siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, agar siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di perantauan memiliki gambaran mengenai kehidupan yang jauh dengan keluarga, sehingga tidak terjadi culture shock pada siswa yang akan merantau.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Academic hardiness, Suku jawa, Suku sunda |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 03:24 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 03:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64396 |
Actions (login required)
View Item |