Ningtias, Kartika (2024) Analisis strategi guru dalam mengembangkan keterampilan metakognisi IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar di Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005004_JUDUL__240619104912.pdf Download (627kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005004_BAB_I__240619104912.pdf Download (256kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005004_BAB_II__240619104912.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005004_BAB_III__240619104912.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005004_BAB_IV__240619104912.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005004_BAB_V__240619104912.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005004_DAFTAR_PUSTAKA__240619104912.pdf Download (247kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005004_LAMPIRAN__240619104912.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005004_NASKAH_PUBLIKASI__240619014314.pdf Download (293kB) |
Abstract
Pembelajaran IPA merupakan sebuah pembelajaran yang mempelajari tentang kejadian-kejadian yang terjadi di alam semesta ini. Pembelajaran IPA sendiri merujuk kepada perngembangan kemampuan berpikir siswa, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan sosial. Secara subtensi pembelajaran IPA dapat digunakan sebagai alat pengembangan keterampilan metakognisi pada siswa. Namun pembelajaran IPA di sekolah dasar masih banyak mempunya problematika yang mana hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor di antaranya pembelajaran yang kurang menarik minat siswa, rendahnya literasi siswa, dan pembelajaran cenderungtidak kontekstual.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan survey. Populasi dan sample dari penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan siswa kelas IV. Variabel yang diteliti yaitu Strategi guru (Variabel X) dan keterampilan metakognisi IPA (Variabel Y). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen wawancara yang digunakan telah diuji Validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik triangulasi.
Hasil penelitian yang di hasilkan oleh peneliti menunjukan bahwasanya strategi guru yang digunakan sebagai penunjang perkembangan keterampilan metakognisi siswa belum cukup maksimal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan strategi guru dalam pembelajaran IPA sebagai bahan untuk menunjang perkembangan keterampilan metakognisi siswa sudah berjalan dan di laksanakan namun belum maksimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 01:10 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 01:10 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64401 |
Actions (login required)
View Item |