Analisis kemampuan pedadodik guru dalam memahami gaya belajar visual peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Kleco

Kusumawardani, Celine Widyaningrum (2024) Analisis kemampuan pedadodik guru dalam memahami gaya belajar visual peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Kleco. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005024_JUDUL__240613015354.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005024_BAB_I__240613015354.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005024_BAB_II__240613015354.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005024_BAB_III__240613015354.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005024_BAB_IV__240613015354.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005024_BAB_V__240613015354.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005024_DAFTAR_PUSTAKA__240613015354.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005024_LAMPIRAN__240613015354.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005024_NASKAH_PUBLIKASI__240613015420.pdf

Download (323kB)

Abstract

Kemampuan pedagogik mencakup kemampuan untuk memahami peserta didik, merancang dan melaksanakan pembelajaran, menilai hasil belajar dan mengembangkan peserta didik untuk memaksimalkan potensi mereka. Setiap peserta didik tidak hanya memiliki kecepatan belajar yang berbeda, tetapi juga cara mereka memproses informasi, sehingga mereka seringkali harus menggunakan cara yang berbeda untuk memahami pelajaran atau informasi yang sama. Gaya belajar terbagi menjadi tiga salah satunya yaitu gaya belajar visual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pedagogik guru dalam memahami gaya belajar visual di SD Muhammadiyah Kleco dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kemampuan pedagogik guru dalam memahami gaya belajar visual peserta didik di SD Muhammadiyah Kleco.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah kemampuan pedagogik guru di SD Muhammadiyah Kleco dalam memahami gaya belajar visual peserta didik mencakup dua indikator yaitu memahami karakteristik peserta didik dan menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Adapun faktor pendukung kemampuan pedagogik guru dalam memahami gaya belajar visual peserta didik adalah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, respon positif peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan media visual yang digunakan guru. Sedangkan pada faktor penghambatnya adalah kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan media visual, pemanfaatan waktu dalam mempersiapkan media pembelajaran dan pengkondisian lingkungan belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Gaya belajar visual, kemampuan pedagogik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 20 Jun 2024 08:49
Last Modified: 20 Jun 2024 08:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64422

Actions (login required)

View Item View Item