Sundawa, Ahmad (2024) Inovasi pembelajaran berbasis Canva pada mata pelajaran Al-Qur’an dan hadist di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800031077_JUDUL__240622100615.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800031077_BAB_I__240621072916.pdf Download (363kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800031077_BAB_II__240621072916.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800031077_BAB_III__240621072916.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800031077_BAB_IV__240621072916.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800031077_BAB_V__240621072916.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031077_DAFTAR_PUSTAKA__240621072916.pdf Download (256kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800031077_LAMPIRAN__240621072916.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah menggunakan aplikasi Canva untuk mendorong minat belajar siswa dalam pembelajaran, namun belum banyak siswa yang bisa menggunakan aplikasi tersebut. Teknologi pendidikan pada pendidikan Islam dapat menimbulkan sistem ataupun metode pembelajaran yang inovatif serta kreatif. Untuk itu penggunaan media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, sangat membantu guru dan peserta didik untuk dapat memecahkan masalah dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang responden berjumlah dua orang yaitu wakil kepala bagian kurikulum dan guru mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: a) Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan terkait inovasi pembelajaran berbasis canva pada mata pelajaran Al-Qur’an dan hadits di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, dapat di ketahui bahwa guru menyiapkan media pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Canva. Berikutnya, guru menampilkan serta memberi penjelasan terkait pembuatan media pembelajaran melalui canva dan kemudian menjelaskan materi menggunakan Microsoft power point yang sudah dibuatnya melalui Canva kepada siswa. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mendesain menggunakan aplikasi Canva. Setelah siswa dan kelompoknya menyelesaikan pembuatan tugas, hasilnya didownload dan dikumpulkan kemudian untuk dinilai. b) Hasil Inovasi pembelajaran berbasis canva pada mata pelajaran Al-Qur’an dan hadist di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, bahwa dapat memberikan penerimaan pesan dengan baik, memotivasi peserta didik, meningkatkan kreatifitas, inovasi dan mendapat respon yang baik oleh peserta didik. c) Faktor pendukung dan penghambat inovasi pembelajaran berbasis canva pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta dapat diketahui bahwa, Faktor pendukungnya meliputi: sarana dan prasarana yang meliputi ruang laboratorium komputer, fasilitas komputer siswa dalam proses pembelajaran yang terdapat di ruang laboratorium, wifi, dan proyektor. Sedangkan faktor peghambatnya meliputi jaringan yang harus stabil, terdapat berbagai fitur yang berbayar, serta pada beberapa siswa masih terdapat siswa yang belum memahami dalam memanfaatkan aplikasi Canva ini
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Canva, inovasi, media, pembelajaran, Al-Qur’an, hadits |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:18 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:18 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64574 |
Actions (login required)
View Item |