Agustina, Dhita (2024) Analisis kemampuan representasi matematis pada materi SPLDV siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta ditinjau dari self-efficacy. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006063_JUDUL__240622122501.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006063_BAB_I__240622122501.pdf Download (372kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006063_BAB_II__240622122501.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006063_BAB_III__240622122501.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006063_BAB_IV__240622122501.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006063_BAB_V__240622122501.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006063_DAFTAR_PUSTAKA__240622122501.pdf Download (236kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006063_LAMPIRAN__240622122501.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan representasi matematis dalam proses pembelajaran matematika. Kemampuan representasi matematis memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal – soal matematika. Namun faktanya kemampuan representasi matematis siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta khususnya pada materi SPLDV ditinjau dari tingkat self efficacy siswa.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini melibatkan 24 siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Yogyakarta dengan 9 siswa sebagai subjek penelitian yang kemudian dipilih 3 siswa dengan tingkat self efficacy tinggi, 3 siswa dengan dengan tingkat self efficacy sedang, dan 3 siswa lainnya dengan dengan tingkat self efficacy rendah. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan representasi matematis. Metode pengumpulan data yaitu angket, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah sebagai berikut. siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta terbagi menjadi 3 (tiga) kategori yaitu siswa dengan kategori self efficacy tinggi memenuhi beberapa indikator dari 3 (tiga) aspek kemampuan representasi matematis yaitu representasi simbolik, visual, dan verbal dan tergolong dalam kemampuan representasi matematis sedang. Sedangkan siswa dengan kategori self efficacy sedang memenuhi beberapa indikator dari 3 (tiga) aspek kemampuan representasi matematis yaitu representasi simbolik, visual, dan verbal dan tergolong dalam kemampuan representasi matemaris rendah. Siswa dengan kategori self efficacy rendah tergolong memiliki kemampuan representasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Representasi matematis, self efficacy, SPLDV |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 06:48 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 06:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64604 |
Actions (login required)
View Item |