Hafidhdin, Muhammad (2024) Implementasi program pendidikan kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah Wustho di Pondok Pesantren Al-Manar Muhammadiyah Pengasih. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2011331017_JUDUL__240620083231.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2011331017_BAB_I__240620083231.pdf Download (290kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2011331017_BAB_II__240620083231.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2011331017_BAB_III__240620083231.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2011331017_BAB_IV__240620083231.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2011331017_BAB_V__240620083231.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2011331017_DAFTAR_PUSTAKA__240620083231.pdf Download (161kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2011331017_LAMPIRAN__240620083231.pdf Restricted to Registered users only Download (956kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini yakni melihat adanya anggapan masyarakat yang menilai bahwa pendidikan non formal atau kesetaraan itu sasarannya bagi orang yang gagal atau kurang beruntung, sehingga dalam praktiknya sekolah kurang diminati dan susah untuk mendapatkan siswa. Adanya program pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren salafiyah wustho berangkat dari lembaga pondok pesantren yang tidak memiliki ijazah setara dengan ijazah formal seperti di sekolah umum lainnya. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren Salafiyah Wustho, serta faktor pendukung dan penghambat terhadap implementasi program pendidikan kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah Wustho di pondok pesantren Al-Manar Muhammadiyah Pengasih.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kulitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Manar Muhammadiyah Pengasih dengan subjek penelitian berjumlah 6 informan yang terdiri dari mudir Pondok Pesantren, kepala sekolah, waka kurikulum, guru PKPPS, dan siswa PKPPS Al-Manar Muhammadiyah Pengasih 2 orang. Dalam memperoleh data dan informasi, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi agar data lebih valid. Setelah seluruh data tersedia, kemudian melakukan analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan langkah terakhir dengan menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan waktu.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa proses impelementasi program pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren salafiyah wustho di Pondok Pesantren Al-Manar Muhammadiyah Pengasih melalui 3 tahapan. Pertama, melalui proses perencanaan dengan mengadakan rapat berama tim PKPPS dan Pondok Pesantren untuk menentukan kurikulum dan visi misi serta tujuan sekolah. Kedua, proses pelaksanaan yang berbeda dengan lembaga PKPPS yang lainnya, seperti pembagaian jam pembelajaran di kelas dan pemakaian seragam. Ketiga, proses evaluasi yang dilakukan dalam evaluasi bulanan dan semesteran untuk mengetahui apakah program berjalan sesuai dengan yang diharapkan atau tidak. Implementasi program melibatkan faktor pendukung, seperti dukungan dari pondok pesantren dan santri. Disisi lain, terdapat faktor penghambat, seperti kondisi guru PKPPS yang tidak bisa masuk DAPODIK dan ijazah yang non formal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Implementasi, pendidikan non formal, pondok pesantren |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 02:38 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 02:38 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64634 |
Actions (login required)
View Item |