Keefektifan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta

Nahda, Huuriyah (2024) Keefektifan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001002_JUDUL__240620103857.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001002_BAB_I__240620075952.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001002_BAB_II__240620075952.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001002_BAB_III__240620075952.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001002_BAB_IV__240620075952.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001002_BAB_V__240620075952.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001002_DAFTAR_PUSTAKA__240620075952.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001002_LAMPIRAN__240620075952.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengambilan keputusan karir merupakan kemampuan siswa dalam menguasai tugas perkembangan karir yang sesuai dengan tahap perkembangannya yakni dengan memperlihatkan dunia kerja dan perguruan tinggi. Melihat dari permasalahan tersebut dibutuhkan layanan untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi, melalui permainan simulasi peserta didik dapat mengetahui informasi karir yang tepat dan sesuai dengan yang mereka inginkan melalui permainan monopoli karir dan interaksi dalam kelompok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektikan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa kelas XI SMA Muhammdiyah 5 Yogyakarta.
Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pre-experimental design dengan metode one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Sampel penelitian ini yaitu 6 siswa yang dipilih teknik puposive sampling dengan mengidentifikasi memiliki pengambilan keputusan karir pada kategori rendah. Instrumen penelitian ini menggunakan skala pengambilan keputusan karir yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Pengambilan penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis dengan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS.
Berdasarkan hasil yang sudah dilakukan, diperoleh hasil nilai uji paired sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,003 (< 0,05). Hal ini mengacu pada hasil perolehan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik permaina simulasi efektif dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XI SMA Muhammdiyah 5 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Permainan simulasi, pengambilan keputusan karir, bimbingan kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:16
Last Modified: 25 Jun 2024 06:16
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64649

Actions (login required)

View Item View Item